Tata Kawasan Stasiun, KAI: Tingkatkan Aksesibilitas Pengguna

Khoirul Anam - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 23:43 WIB
Kawasan Stasiun Senen
Foto: dok. KAI
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung integrasi transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum. Adapun hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna transportasi umum.

Sebelumnya, penataan kawasan stasiun telah diresmikan di Stasiun Pasar Senen, Sudirman, Tanah Abang, dan Juanda pada 17 Juni 2020. Selanjutnya, peresmian penataan kawasan Stasiun Tebet dan Palmerah akan dilaksanakan pada Rabu (29/9) mendatang oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Penataan kawasan stasiun ini akan meningkatkan aksesibilitas para pengguna KRL saat akan menuju atau tiba di stasiun. Karena setelah ditata, kawasan stasiun menjadi lebih teratur dan dilengkapi integrasi antarmoda yang baik," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Menurutnya, hal ini membuat pengguna KRL lebih mudah melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum lainnya seperti bus Transjakarta, mikrotrans, bajaj, atau ojek karena telah ditata dengan baik pada kawasan stasiun.

Selain itu, kehadiran berbagai fasilitas penunjang serta wayfinding akan membuat para pengguna KRL menjadi lebih nyaman saat berada di kawasan stasiun.

Joni juga menjelaskan, kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan pihak swasta dalam membangun ekosistem transportasi akan memberikan peningkatan pelayanan.

"Hadirnya integrasi transportasi umum yang baik diharapkan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum khususnya kereta api yang aman, nyaman, dan terjangkau," kata dia.

Sebagai informasi, KRL melayani rata-rata sekitar 300 ribuan pengguna per hari melalui 994 perjalanan KRL. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, penataan kawasan stasiun dan integrasi antarmoda akan mewujudkan mobilitas para pengguna KRL yang tertib dan teratur saat mencari moda transportasi lanjutan.

(prf/ega)