Kepuasan ke Jokowi Turun, Jubir Ungkit Pengorbanan Reputasi Politik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 18:29 WIB
Jakarta -

Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menanggapi hasil survei lembaga Indikator yang menyatakan tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurun. Fadjroel mengatakan hasil survei itu bakal menjadi bahan evaluasi.

"Presiden Joko Widodo terus membangun kinerja kelembagaan pemerintahan sebagai kunci kesuksesan penanganan pandemi Covid-19. Adapun beberapa kekurangan seperti yang ditunjukkan oleh survei tersebut menjadi evaluasi untuk perbaikan ke depan," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Fadjroel lantas berbicara mengenai pengorbanan reputasi politik yang ditegaskan Jokowi. Menurut Fadjroel, pengorbanan Jokowi itu telah membuahkan hasil baik bagi bangsa Indonesia.

"Presiden Joko Widodo sejak awal telah menyatakan bahwa, 'Asal untuk rakyat, asal untuk negara, Saya pertaruhkan reputasi politik Saya'. Pengorbanan Presiden Joko Widodo terkait reputasi politik telah menunjukkan hasil yang sekarang dinikmati seluruh rakyat Indonesia di mana penularan pandemi Covid-19 bisa dikendalikan dan aktivitas sosial serta ekonomi masyarakat kembali bangkit, produktif dan tumbuh melalui disiplin protokol kesehatan. Presiden Joko Widodo telah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan tetap menjunjung tinggi prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," ujar Fadjroel.

Fadjroel menjelaskan, selama hampir dua tahun pandemi, Jokowi terus bekerja menyelamatkan bangsa Indonesia. Dia mengatakan kebijakan yang dipilih pun telah mempertimbangkan segala aspek.

"Oleh karenanya, presiden menciptakan strategi yang sesuai (kontekstual) dengan kondisi sosial Indonesia yaitu pendekatan keseimbangan kesehatan dan ekonomi melalui praktik 'gas dan rem'," kata Fadjroel.

Karena itu, menurut Fadjroel, kondisi COVID-19 di Indonesia yang mulai membaik itu tak lepas dari kebijakan yang diambil Jokowi. Bahkan Fadjroel menyebut Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di dunia dalam penanganan pandemi.

"Keberhasilan ini merupakan buah dari upaya Presiden Joko Widodo memperkuat pemerintahan secara kolektif kelembagaan (governing government), bergotong-royong dalam penanganan pandemi. Selain menunjukkan kepemimpinan sebagai governing president," imbuh Fadjroel.

Simak survei Indikator di halaman berikutnya.