Banjir Rendam Rantauprapat Usai Hujan Deras Mengguyur Semalaman

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 16:34 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Foto Ilustrasi Banjir (Andhika/detikcom)
Labuhanbatu -

Banjir melanda Rantauprapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut). Banjir terjadi usai kawasan ini diguyur hujan semalaman.

"Ya di mana-mana banjir. Penyebabnya harus kita sadari pohon-pohon di hulu sungai itu kan tidak ada lagi, jadi tak ada resapan dan begitu hujan turun langsung ditumpahkan semua," kata Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu, Rajid Yuliawan, saat dimintai konfirmasi, Senin (27/9/2021).

Banjir setinggi 1 meter itu merendam rumah warga di wilayah Aek Tapa, Perdamaian Sigambal, Ujung Bandar, Jalan Adam Malik. Buruknya drainase juga menambah parah banjir di Rantauprapat.

Selain banjir, beberapa pohon di Rantauprapat tumbang akibat diterpa hujan dan angin kencang. Berdasarkan data BPBD Labuhanbatu, pohon tumbang terjadi di dua tempat, yakni di Jalan SM Raja dan Jalan Adam Malik, Rantau Utara.

"Ya itu akan kita evaluasi. Hal hal yang menyangkut keamanan dan kenyamanan masyarakat, merupakan concern utama Pak Bupati saat ini. Dia sudah bilang itu," kata Rajid.

Tak ada korban akibat banjir dan pohon tumbang itu. Air di sebagian wilayah juga sudah mulai surut.

Banjir sebelumnya juga terjadi di Rantauprapat pada Senin (16/9). Saat itu, banjir juga terjadi usai hujan deras mengguyur.

(haf/haf)