Ade Armando: Bolehkah Rizieq Dipukuli-Dilumuri Kotoran karena Hina Agama Lain?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 16:28 WIB
Disebut Kebal Hukum, Ade Armando Laporkan Balik Fahira Idris
Ade Armando (Samsuduha/detikcom)
Jakarta -

Pegiat media sosial Ade Armando turut berpendapat terkait aksi Irjen Napoleon Bonaparte yang menganiaya tersangka kasus dugaan penistaan agama, Muhammad Kace alias Kece, di dalam Rutan Bareskrim Polri. Dia pun bertanya apakah peristiwa serupa boleh dilakukan terhadap Habib Rizieq Shihab (HRS)?

Ade awalnya menilai bahwa penganiayaan Napoleon terhadap Kece adalah tindakan pengecut dan kriminal. Dia menyebut Napoleon sebagai petinggi Polri yang bermasalah tidak sadar atas supremasi hukum.

"Dia bisa saja marah terhadap Kece, tapi sebagai hamba hukum seharusnya dia sadar bahwa supremasi hukum harus ditegakkan demi kebenaran dan keadilan," kata Ade dalam video yang ditayangkan di channel YouTube CokroTV, seperti dilihat, Senin (27/9/202).

Ade mengatakan Napoleon tak memiliki hak untuk menghukum Kece dengan tangannya sendiri, meski berdalih membela agama. Sebab, kata dia, Kece sudah ditahan dan akan diadili.

"Sekarang saya balik misalnya kalau Kece boleh dipukuli oleh Napoleon, bolehkah Rizieq dipukuli dan wajahnya dilumuri kotoran karena ia sangat menghina agama lain? Sementara penodaan agama adalah kejahatan luar biasa," ucap Ade.

"Jawabannya tentu saja tidak boleh, dan itulah yang seharusnya diterapkan dalam kasus Kece," tambahnya.

Dia menilai kasus penganiayaan Napoleon kepada Kece dapat membuka mata terhadap sisi hitam kelompok-kelompok Islam. Menurutnya, kelompok yang membenarkan tindakan Napoleon karena berdalih membela agama adalah tidak benar.

"Mereka pengecut, mereka tidak peduli dengan supremasi hukum, mereka tidak memiliki akal sehat. Karena itu, mari terus gunakan akal sehat, karena hanya kalau kita terus berjuang dengan akal sehat negara ini akan selamat," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Pengacara: Napoleon Bonaparte Tak Pernah Nyatakan Aniaya Kace!':

[Gambas:Video 20detik]