Didemo BEM SI, KPK Pilih Fokus Kerja Berantas Korupsi

Azhar Bagas - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 14:21 WIB
Jakarta -

Aliansi BEM SI menggelar aksi demonstrasi di dekat Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, terkait pemberhentian 56 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Bagaimana respons KPK terkait demo tersebut?

"KPK tetap fokus terhadap kerja-kerja pemberantasan korupsi, sehingga kami tidak ingin berdinamika menanggapi isu ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (27/9/2021).

Ali mengatakan KPK tetap melakukan tugas dan fungsinya, yakni pencegahan hingga penindakan korupsi. Dia juga mempersilahkan publik menilai sendiri.

"KPK melalui berbagai upaya pencegahan, pendidikan, juga penindakan berusaha untuk terus membuktikan hasil kerjanya kepada publik. Selanjutnya, publik silakan menilainya secara objektif," ucap Ali.

Ali menyebut KPK tak hanya fokus menangkap para koruptor. Kata Ali, KPK juga fokus mengedepankan nilai-nilai antikorupsi.

"Kerja-kerja pemberantasan korupsi tidak hanya soal seberapa banyak KPK menangkap para pelaku, seberapa banyak KPK memulihkan kerugian keuangan negara, seberapa efektif KPK mendorong perbaikan sistem dan tata kelola, tapi juga bagaimana kita semua berupaya dan terus yakin akan generasi penerus yang lebih baik melalui penanaman nilai-nilai antikorupsi," ujarnya.

Ali menuturkan KPK akan selalu menerima masukan dari para mahasiswa. KPK yakin mahasiswa bisa melihat fakta-fakta terkait kinerja KPK.

"KPK selalu mendengarkan saran dan masukan dari teman-teman mahasiswa. Sebagai seorang pembelajar, kami yakin teman-teman mahasiswa bisa melihat fakta-fakta secara jernih dan mampu mengelaborasinya dalam gagasan dan aksi yang konkret," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: