Round-up

Kala Mahfud Md Bilang Salah Istilah Saat JK Bicara Kriminalisasi Ulama

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 08:03 WIB
Jakarta -

Kasus pembakaran mimbar masjid di Makassar memicu kecaman para tokoh bangsa mulai dari Jusuf Kalla (JK) hingga Mahfud Md. Ulah keterlaluan ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 25 September 2021 di Masjid Raya Makassar selepas tengah malam atau tepatnya 01.00 Wita. Pelaku yang belakangan diketahui berinisial KB membakar mimbar hingga sajadah yang merembet dan menghanguskan sejumlah Al-Qur'an.

Saat beraksi KB mengenakan penutup wajah. Penjaga keamanan masjid sempat mengejarnya tetapi KB berhasil lolos. Akhirnya kepolisian pun turun tangan.

Siang harinya pukul 13.35 Wita polisi menjerat KB yang ternyata tinggal di dekat lokasi masjid. Saat diinterogasi KB mengaku sakit hati terhadap sekuriti dan pengurus masjid karena ditegur saat tidur di masjid sehingga akhirnya nekat membakar mimbar.

Polisi menduga KB mengonsumsi narkoba sebelum menjalankan aksinya. Penyidik sedang mendalami untuk memastikan lebih lanjut dugaan tersebut.

"Diduga pelaku sudah lama mengkonsumsi zat-zat berbahaya," ungkap Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana.

Kombes Witnu menyebut zat-zat berbahaya tersebut bisa saja berupa narkoba. Namun dia mengatakan penyidik butuh waktu untuk memastikan lebih lanjut.

"Ini juga akan kita lakukan pengembangan keterkaitan pelaku dengan para pengedar narkoba," lanjut Witnu.