Anies Ibaratkan Terkendalinya Corona DKI Bagai Avengers: Pahlawannya Banyak

Antara News - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 19:02 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan ketika memberikan sambutan pada Bulan Bhakti Karang Taruna di Jakarta, Minggu (26/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Gubernur DKI Anies Baswedan ketika memberikan sambutan pada Bulan Bhakti Karang Taruna di Jakarta, Minggu (26/9/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan terkendalinya kasus Corona di Jakarta. Anies mengibaratkan seperti di film 'Avangers'.

"Ini karena kolaborasi, kerja sama, tidak bisa dikerjakan sendiri. Jadi, ini Avengers, bukan pahlawan tunggal, pahlawannya banyak," kata Anies ketika memberikan sambutan Bulan Bhakti Karang Taruna DKI di Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/9/2021).

Anies mengatakan pengendalian COVID-19 di Jakarta melibatkan banyak pihak mulai dari jajaran Pemprov DKI, polisi, TNI, hingga pihak lainnya, termasuk swasta dan organisasi kemasyarakatan, di antaranya karang taruna.

Eks Mendikbud ini juga mengatakan program vaksinasi jadi 'senjata' untuk pengendalian Corona.

"Kami rapat seminggu dua, tiga kali Pemprov, Kodam, Polda selama sebulan itu hampir tiap hari kemana-mana bersama, mobilitas penduduk dikendalikan," ucapnya.

Anies menyebut saat ini kondisi Jakarta sudah terkendali dari pandemi karena positivity rate sudah 0,7 persen atau di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni sebesar 5 persen. Meski persentase kasus positif menurun, Anies mengatakan pemeriksaan terus dilakukan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI per Sabtu (25/9), dalam sepekan terakhir, sebanyak 117 ribu orang menjalani tes usap PCR, hasilnya persentase kasus positif hanya 0,9 persen. Anies kemudian membandingkan periode Juli 2021 di mana dari 100 orang dites PCR, 48 di antaranya positif.

"Meskipun sudah terkendali tetap pakai masker, tetap jaga jarak, insyaallah kita bisa terus terkendali," kata Anies.

Simak juga 'Anak 12 Tahun Boleh Ngemal Hanya di DKI Jakarta-Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)