Hilang Saat Serangan KKB di Papua, dr Gerald Kini Telah Pulang ke Keluarga

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 19:45 WIB
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Foto: dok. Polda Papua)
Jakarta -

Dokter Gerald Sokoy (28) sempat hilang saat terjadi penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, pada Senin (13/9). dr Gerald sudah dipulangkan ke rumah orang tuanya di Distrik Sentani, Jayapura.

"Iya, iya sudah (dipulangkan). Sekarang posisinya sudah ada di kediaman orang tuanya di Sentani," ujar Dirkrimum Polda Papua Kombes Faisal Ramadhani saat dihubungi, Sabtu (25/9/2021).

Faisal menjelaskan dr Gerald dipulangkan dalam kondisi sehat. Selain itu, dr Gerald tidak mengalami luka yang fatal.

Hanya, Faisal enggan membeberkan kronologi pemulangan dr Gerald. Dia hanya mengatakan dr Gerald dibawa dari Oksibil, Pegunungan Bintang, menuju Jayapura untuk mendapat perawatan. Setelah itu, barulah dr Gerald dikembalikan kepada orang tuanya.

"Jadi dari Oksibil, Pegunungan Bintang, itu dibawa ke Jayapura. Dan kita lakukan pemeriksaan di RSUD, dan sudah dibawa oleh orang tuanya," imbuh Faisal.

Sebelumnya, Komnas HAM mengatakan telah mengetahui kondisi dokter Gerald Sokoy yang hilang di Papua setelah ada penyerangan oleh teroris KKB di Distrik Kiwirok. Gerald disebut dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah Gerald sehat, walaupun kita sudah minta bicara langsung. Tapi kami percaya dia dalam kondisi sehat. Kami lagi bernegosiasi dengan berbagai pihak agar ada jaminan keamanan terhadap Gerald. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam diskusi publik, Sabtu (25/9).

Lihat juga Video: Sosok Pratu Ida Bagus Putu, Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB

[Gambas:Video 20detik]