Pemburu di Sumut Salah Sasaran, Mau Tembak Babi Hutan Malah Kena Nenek

Perdana Ramadhan - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 17:44 WIB
ilustrasi penembakan
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Asahan -

Seorang nenek berusia 58 tahun, RM, di Asahan, Sumatera Utara (Sumut), kritis gara-gara luka tembak akibat peluru nyasar. Peluru tersebut berasal dari seorang pemburu yang salah sasaran.

Peristiwa itu terjadi di kawasan perkebunan kelapa sawit di Desa Alang Bonbon, Kecamatan Aek Kuasan, Asahan, Jumat (24/9/2021) siang. Pemburu yang salah sasaran itu telah diamankan polisi.

"Tersangka ini pemburu. Saat menembakkan itu, dia yakin yang ditembaknya itu babi. Setelah menembak satu kali, terdengarnya suara orang menjerit kesakitan. Karena dengar ada suara orang, dia pun terkejut dan mendatangi si korban," kata Kapolsek Pulau Raja AKP Maralidang Harahap saat dimintai konfirmasi wartawan, Sabtu (25/9/2021).

Pemburu tersebut berinisial JS (40). Dia diduga menembak menggunakan senapan angin dengan peluru kaliber 9 milimeter. Polisi menyebut JS dan RM sama-sama kenal.

JS, yang sadar tembakannya salah sasaran, kemudian bergegas menolong korban. Dia juga meminta bantuan kepada warga hingga akhirnya korban dirujuk ke rumah sakit.

"Kalau saya dapatkan informasi dari keluarganya, kondisinya kritis. Korban sudah dirujuk ke rumah sakit di Lubuk Pakam. Sore ini akan dilakukan operasi pengambilan proyektil peluru," ujarnya.

Maralidang menyatakan JS masih diperiksa terkait kelalaian mengakibatkan orang terluka dan masalah kepemilikan senjata senapan angin tanpa izin.

"Kita tahan ini pelakunya atas dua hal dugaan tindak pidana. Pertama kelalaian mengakibatkan orang lain terluka dan masalah kepemilikan senjata tanpa izin," jelasnya.

(haf/haf)