Curhat Lurah Jakbar ke Puan soal Kendala Vaksinasi: Warga Percaya Hoax

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 14:13 WIB
Ketua DPR Puan Maharani menyapa warga Tambora, Jakbar di sela peninjauan vaksinasi COVID-19.
Ketua DPR Puan Maharani menyapa warga Tambora, Jakbar, di sela peninjauan vaksinasi COVID-19. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Lurah Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Suharti curhat kepada Ketua DPR Puan Maharani mengenai kendala vaksinasi COVID-19 terhadap warganya. Dia mengatakan masih ada warganya yang percaya hoax.

Hal itu disampaikan Suharti saat Puan meninjau vaksinasi COVID-19 'Tanah Sereal Bangkit Menuju Zona Hijau' di Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (25/9/2021). Awalnya Puan bertanya mengenai ada-tidaknya warga yang belum disuntik vaksin.

"Ada warga yang nggak mau divaksin?" tanya Puan.

"Banyak, alasannya mereka ada yang penyakit komorbid dengan gula, tapi kita sudah sarankan. Yang takut ini banyak. Yang paling banyak kena hoax," jawab Suharti.

"Hoax-nya apa?" tanya Puan lagi.

"Pergantian dari Sinovac ke Astrazeneca. Kalau disuntik Astrazeneca katanya langsung sakit," ujar Suharti.

Suharti kemudian menjelaskan, untuk mematahkan hoax itu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain sosialisasi, kata Suharti, timnya bersama TNI-Polri juga bergerak mendatangi langsung ke rumah warga yang belum tersentuh vaksin.

"Kita sudah banyak memberikan sosialisasi kepada warga kita. Kita bekerja sama dengan tiga pilar, juga masyarakat mendirikan vaksin merdeka dengan Kapolsek, juga Kesdam, Pangdam, kemudian kesehatan menjemput yang nggak mau diantarkan ke pos vaksin yang terdekat kita juga melaksanakan di sekolah," ujarnya.

Suharti mengatakan, setelah sosialisasi dan sistem 'jemput bola' dilakukan, program vaksinasi di wilayah ya telah diikuti oleh ribuan orang. Dia mengatakan vaksinasi pertama di Kelurahan Tanah Sereal sudah mencapai 77,7 persen, sementara vaksinasi kedua mencapai 25 persen.

"Alhamdulillah dengan adanya seperti ini juga masyarakat dari Kelurahan Tanah Sereal sudah mencapai seribu yang mendaftar lewat kelurahan. Vaksinasi pertama mencapai 77,7 persen yang kedua udah mencapai 25 persen," tuturnya.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Puan Blusukan & Bagi-bagi Sembako saat Tinjau Vaksinasi di Jakbar

[Gambas:Video 20detik]