TNI Serahkan Proses Hukum Pembunuh Sertu Yorhan Lopo ke Polisi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 18:41 WIB
Polisi tangkap pria pembunuh anggota TNI di Cimanggis, Depok
Kapolresta Depok Kombes Imran Edwin Siregar (kiri) dan Komandan Menzikon Puziad TNI AD Kolonel Czi Nurdihin Adi Nugroho (Wilda Nufus/detikcom)
Depok -

Ivan Victor Dethan (28) ditangkap atas pembunuhan anggota TNI Sertu Yorhan Lopo di Cimanggis, Depok. Atas kejadian yang menimpa anak buahnya itu, Komandan Menzikon Puziad TNI AD Kolonel Czi Nurdihin Adi Nugroho menyerahkan sepenuhnya proses hukum kasus ini ke Polres Metro Depok.

"Ya karena pelaku merupakan warga negara Indonesia, dalam artian sipil, kami percaya pada Polres yang akan melakukan proses hukum lanjutan," kata Kolonel Czi Nurdihin Adi Nugroho dalam jumpa pers di Polres Metro Depok, Jumat (23/9/2021).

Saat dihadirkan dalam konferensi pers, Ivan pun menyampaikan permintaan maaf atas pembunuhan itu. Ivan meminta maaf kepada Kolonel Czi Nurdihin Adi Nugroho

"Minta maaf, Bapak, untuk perlakuan saya kepada anggota Bapak, terutama buat keluarganya. Saya minta maaf, terima kasih," kata Ivan.

Diketahui, Sertu Yorhan Lopo tewas akibat ditusuk saat melerai konflik di Cimanggis, Kota Depok. Pelaku Ivan Victor Dethan (28) ditangkap polisi tak lama setelah peristiwa pembunuhan tersebut.

Kapolresta Depok Kombes Imran Edwin Siregar mengungkap pelaku secara spontan menusuk korban. Korban saat itu datang untuk melerai konflik antarwarga.

"Tiba-tiba korban ini datang untuk melerai, niatnya baik, untuk merelai. Tetapi secara spontanitas tersangka langsung menusukkan pisau tepat di dada sebelah kiri korban sehingga korban meninggal dunia," ujar Imran.

Ivan dijerat dengan Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Pembunuhan terjadi pada Rabu (22/9) malam. Korban baru ditemukan warga pada Kamis (23/9) sekitar pukul 06.00 WIB.

(whn/mea)