KPK Setorkan Rp 500 Juta ke Kas Negara dari Denda Juliari Batubara

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 16:01 WIB
Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Bui, Ini 7 Faktanya
Juliari Batubara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK menyetorkan Rp 500 juta ke kas negara dari uang denda mantan Mensos Juliari P Batubara. Juliari telah divonis 12 tahun penjara karena terbukti menerima suap terkait bansos Corona.

"Jaksa eksekusi Andry Prihandono telah melaksanakan putusan dengan melakukan penyetoran uang denda sejumlah Rp 500 juta ke kas negara dari Terpidana Juliari P Batubara," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Hal itu dilakukan berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor: 29/Pid.Sus-TPK/2021/PN.JKT.PST tanggal 23 Agustus 2021. Juliari sudah dijebloskan ke Lapas Tangerang.

Selain itu, jaksa menagih kewajiban membayar uang pengganti Rp 14,5 miliar, yang apabila tidak dibayar dalam 1 bulan, harta Juliari akan dirampas. Bila harta Juliari tidak mencukupi, diganti dengan 2 tahun penjara.

"Terkait hukuman uang pengganti yang dibebankan kepada Terpidana, jaksa eksekutor juga segera melakukan penagihan pembayaran uang pengganti dimaksud," kata Ali.

Juliari Batubara divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan setelah dinyatakan bersalah menerima uang suap Rp 32,482 miliar berkaitan dengan bansos Corona di Kementerian Sosial (Kemensos). Juliari terbukti memerintahkan KPA bansos Corona Adi Wahyono dan PPK bansos Matheus Joko Santoso memungut fee Rp 10 ribu ke penyedia bansos.

(haf/haf)