Unhas: Penyebab Tawuran Mahasiswa Karena Isu Pelepasan Spanduk

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 13:06 WIB
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (Taufik/detikcom)
Makassar -

Polisi menangkap 23 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, buntut tawuran Fakultas Teknik dan Fakultas Peternakan. Penyebab aksi ini adalah adanya isu pelepasan spanduk milik Fakultas Teknik.

"Jadi ada beberapa yang mau disamakan informasinya. Kemarin pihak kemahasiswaan kita sudah langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Jadi yang diamankan ada 23 orang orang. Kalau sebelumnya diberitakan kan 26 orang dan setelah kita cek ada 23 orang," kata Kasubdit Humas Unhas Ishak Rahman kepada detikcom, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, dari 23 mahasiswa yang diamankan kepolisian, 7 orang di antaranya dikenai pasal senjata tajam, sementara terhadap 16 lainnya pasalnya berbeda. Tujuh mahasiswa ini nantinya akan menjalani proses hukum berbeda.

"Kalau 16 orang ini mungkin akan dilakukan pembinaan. Jadi dari pihak Unhas berharap karena mereka masih mahasiswa bisa dilakukan pembinaan kita memilih langkah pembinaan. Akan tetapi yang terkena tindakan hukum karena pasal yang berbeda, kita serahkan sepenuhnya kepada kepolisian," ucapnya.

"Apalagi sebenarnya peristiwa tawuran belum sempat terjadi. Jadi penyebabnya ada informasi katanya ada spanduk dari teman mahasiswa yang dilepas oleh mahasiswa Fakultas Peternakan," imbuhnya.

Pihaknya mengaku tengah menelusuri informasi tersebut. Apalagi pihak rektorat tidak mengetahui lokasi persis di mana spanduk tersebut dilepas, termasuk waktu kejadian pelepasan spanduk ini.

"Jadi ini isunya seperti itu. Itu yang kemudian jadi pendorong adik-adik dari Fakultas Teknik datang ke Fakultas Peternakan. Tapi belum sempat terjadi (tawuran), itu sekuriti kampus kemudian dicegah," ujar Ishak.

Setelah dibantu oleh kepolisian, diketahui memang ada niat dari mahasiswa Fakultas Teknik untuk melakukan penyerangan. Sebanyak 26 mahasiswa itu ditangkap di area kampus Unhas pada Kamis (23/9) dini hari.

Saat ditangkap, mereka sudah siap melakukan penyerangan di dalam kampus. Awalnya, disebutkan tawuran antara mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Peternakan di Unhas terjadi akibat penganiayaan terhadap salah satu rekannya.

"Dugaan awal yang kami terima ada pemukulan, penganiayaan, tapi masih didalami lagi ini di Fakultas Peternakan atau Fakultas Teknik," Kabag Ops Polrestabes Makassar Kompol Nugraha Pamungkas.

"Yang jelas, kita masih mendalami penyebab terjadinya kericuhan di dalam kampus Unhas," sambung dia.

(fiq/aud)