Pria di Sulsel Cabuli Bocah SD Sejak 2019, Korban Diimingi Rp 2.000

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 10:31 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi pencabulan (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Palopo -

Pria inisial RU (54) di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap polisi setelah terungkap mencabuli bocah SD usia 11 tahun sejak 2019. RU mencabuli korban, yang merupakan tetangganya sendiri, dengan mengiming-imingi uang Rp 2.000 hingga Rp 7.000.

"Pencabulan terjadi dalam kurun waktu sekitar Juni 2019 hingga terakhir kali pada bulan ini (September 2021)," kata Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas dalam keterangannya, Jumat (24/9/2021).

Korban selama ini cuma tinggal dengan ibu angkatnya. Saat ibu korban sedang keluar rumah, pelaku datang menemui korban.

"Lalu pelaku membujuk korban dengan cara memberikan uang Rp 2.000 sampai paling banyak Rp 7.000," ungkap Alfian.

Dengan modus seperti itu, pelaku kerap mencabuli korban, baik di rumah ibu angkat korban maupun di rumah pelaku sendiri.

"Pelaku mencabuli korban hingga berulang-ulang kali," katanya.

Alfian mengatakan pencabulan tersebut terungkap setelah ibu korban curiga karena pelaku kerap datang menemui dan berduaan dengan korban. Korban lantas diinterogasi oleh ibunya.

"Sehingga korban berterus terang apa yang dialaminya dan pihak keluarga korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor Polres Palopo," kata Alfian.

RU lalu ditetapkan menjadi tersangka atas tuduhan tindak pidana sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak melakukan pencabulan.

Pelaku pun dijerat Pasal 81 Ayat (2) juncto Pasal 76 D subsider Pasal 82 Ayat (1) juncto Pasal 76 E UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Lihat juga video 'Cabuli Belasan Santri, Pengasuh Ponpes di Ogan Ilir Diciduk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)