UPK Badan Air: Pelampung Bukan Penghambat Sampah di Kali Rawa Bunga Jaktim

Athika Rahma - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 17:00 WIB
Petugas bersihkan sampah di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara Jakarta Timur.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menjelaskan bahwa pelampung yang terpasang di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga bukanlah penghambat sampah. Itu merupakan penyaring sampah agar sampah mudah diangkut.

Pengawas Kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i Hasan menjelaskan plastik yang terapung itu adalah plastik HPDE. Sampah yang hanyut terbawa kali akan tersaring oleh plastik tersebut.

Pengawas Kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i HasanPengawas Kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i Hasan (Athika Rahma/detikcom)

"Ini (plastik HPDE) ini gunanya bukan menghambat (sampah), ini buat menyaring, bukan penghambat (yang menyebabkan) banjir," katanya kepada detikcom, Kamis (23/9/2021).

Sapi'i turut menjelaskan alur pengangkutan sampah di kali tersebut. Sampah-sampah yang hanyut akan tersaring di plastik HPDE berwarna biru. Plastik tersebut terletak membujur hingga menutupi lebar kali.

Sampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta TimurSampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta Timur. (Athika Rahma/detikcom)

Setelah tersaring di situ, petugas penyedia jasa layanan perorangan (PJLP) UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan memilah sampah tersebut dan menampungnya di dermaga apung berwarna abu-abu atau ponton. Ponton ini digunakan sebagai tempat penampungan sementara sebelum sampah diangkut oleh mobil pengangkut sampah.

Sapi'i bilang biasanya pihaknya mengambil sampah tiap 3 hari sekali. Namun, jika satu hari saja ponton sudah penuh, petugas UPK Badan Air akan segera mengangkatnya.

"Kalau tiap hari diangkut sampahnya seperti tadi (volume sampah sedikit) nggak begitu banyak. Kalau sehari langsung penuh di ponton ya diangkut," katanya.

Sebelumnya, seorang warga bernama Rafif Rizqullah melaporkan adanya sampah yang menumpuk di kali dekat Kelurahan Rawa Bunga. Sampah tersebut dinilai menyumbat aliran air dan membuat kali berpotensi meluap jika terjadi hujan lebat.

"Saya melihat pelampung itu menghambat sampah. Harapan saya, sampah segera diangkat, apalagi ini dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, ada petugas PPSU juga di Kelurahan. Sampah perlu diangkut supaya tidak banjir, apalagi ini sudah sering hujan," kata Rafif.

Lihat juga video 'Sempat Dipenuhi Sampah, Anak Sungai Cikapundung Akhirnya Dibersihkan':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)