Pemprov DKI Surati Kemenparekraf, Minta Pariwisata Kepulauan Seribu Dibuka

Tiara Aliya - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 16:32 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta
Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta (detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengirimkan surat ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pemprov DKI meminta agar tempat wisata di Kepulauan Seribu dapat dibuka selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kali ini.

"Betul sudah bersurat ke Kemenparekraf untuk uji coba pariwisata Kepulauan Seribu, sekarang ini untuk tempat wisata di Jakarta ini baru dua, TMII sama Ancol," kata Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan saat dikonfirmasi, Kamis (23/9/2021).

Iffan mengakui Kepulauan Seribu belum memiliki sertifikat Clean, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE). Sebagai informasi, sertifikat ini diterbitkan oleh Kemenparekraf dan harus dimiliki sektor wisata untuk beroperasi selama pandemi COVID-19.

Meskipun belum mengantongi sertifikat CHSE, Pemprov DKI tetap mendorong pembukaan tempat wisata dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Tetap kita dorong upaya Kepulauan Seribu bisa d buka, paling tidak walaupun belum punya CHSE, PeduliLindungi kita bisa akses," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah mengizinkan uji coba tempat wisata di wilayah yang menerapkan PPKM level 3. Di DKI Jakarta sendiri, setidaknya ada 3 tempat wisata yang menjalankan uji coba.

"Ada tiga. TMII, Ancol dan Setu Babakan," kata Kepala Seksi Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan saat dihubungi, Minggu (12/9/2021).

Lokasi wisata di Jakarta dibolehkan buka dengan prokes ketat. Dan, pengunjung dan pegawai wajib divaksin. Termasuk anak usia kurang dari 12 tahun dilarang masuk.

Simak video 'Kemenparekraf Ingin PeduliLindungi Jadi Acuan Berwisata':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)