Santri Minta Vaksinasi COVID Sasar Ortu, Jokowi: Kita Ingin Semua Divaksin

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 15:23 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Santriwati Pondok Pesantren Alkhairaat, Palu, menyampaikan harapannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar vaksinasi Corona atau COVID-19 tak hanya menyasar santri dan pelajar, tetapi juga keluarga mereka. Santriwati itu mengaku rindu belajar tatap muka di sekolah.

Hal itu disampaikan saat Jokowi menyapa para peserta vaksinasi di sejumlah daerah lewat konferensi video seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/9/2021). Santriwati bernama Fatimatuzzahra itu mengaku ingin segera bercengkerama dengan guru-guru.

"Pak, kalau bisa jangan hanya kami yang divaksin, tapi orang tua, kakak, dan adik-adik kami turut divaksin agar kami sehat dan siap belajar tatap muka di sekolah. Kami rindu, Pak, bertemu dan bercengkerama dengan guru-guru, kawan kami, seperti dulu sebelum adanya COVID," ujar Zahra.

Harapan itu kemudian dijawab langsung oleh Jokowi. Mantan Gubernur DKI itu berbicara mengenai vaksin yang menjadi rebutan seluruh negara.

"Ya memang keinginan kita seluruh rakyat itu semua divaksin. Bapak, ibu, kakek, nenek, adik, kakak, semua pelajar dan santri semuanya divaksin. Tetapi supaya semua anak-anakku tahu bahwa yang namanya vaksin ini sekarang menjadi rebutan semua negara. Sebanyak 220 negara memperebutkan vaksin, ada yang sudah, suatu negara divaksin 60 persen, tapi ada yang 50 persen, dan ada juga yang baru 2 persen," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan vaksin yang diperebutkan itu tidak gratis. Setiap negara harus membeli vaksin demi memenuhi stok kebutuhan vaksin.

"Rebutan itu beli loh, bukan gratisan. Artinya, membeli yang namanya vaksin sekarang ini juga bukan merupakan barang yang mudah. Oleh sebab itu, kita berharap semuanya antusias untuk ikut vaksinasi agar seperti tadi yang disampaikan, segera bisa tatap muka. Jadi setelah divaksinasi, silakan kalau kabupaten/kota level 3, level 2, level 1, silakan dilakukan pembelajaran tatap muka kembali," ujar Jokowi.

Baca Puisi, Pelajar Harap Dapat Sepeda dari Jokowi

Saat mengunjungi SMAN 2 Cilacap, Jokowi juga mendengarkan puisi yang dibacakan pelajar bernama Indri Alfiani. Indri pun berharap dapat sepeda dari Jokowi.

"Tentang rindu yang sebatas semu untuk bertemu. Menyisakan pilu karena panjangnya waktu. Terdapat jarak yang tak terjamah memaksa untuk berjauhan. Menyita pertemuan untuk bersua pahlawan tanpa tanda jasa," demikian penggalan puisi yang dibacakan Indri.

Indri rupanya juga sempat membacakan puisi secara virtual saat acara bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Indri pun berharap bisa berfoto dengan Jokowi dan Ganjar.

"Harapan saya ketika saya berjumpa Bapak Jokowi, semoga saja kita cepat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dan semoga dapat sepeda dari Bapak Jokowi dan semoga bisa berfoto bersama Bapak Jokowi," tutur Indri.

"Ini merupakan suatu kebanggaan, impian. Intinya, kalian bisa bermimpi setinggi apa pun yang nantinya bisa terwujud dan salah satu impian saya, saya ingin bertemu Pak Jokowi, dengan Pak Ganjar Pranowo, alhamdulillah sekarang tercapai," sambung Indri.

(knv/haf)