Polisi Segera Panggil Luhut Terkait Laporan soal Haris Azhar-Fatia

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 13:10 WIB
Poster
Luhut Pandjaitan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya kini tengah mempelajari laporan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan atas Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Polisi dalam waktu dekat akan segera meminta keterangan Luhut selaku pelapor.

"Rencana kita nantinya akan mengundang pelapor dengan membawa bukti-bukti yang ada juga nanti beberapa saksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Yusri belum memerinci kapan Luhut akan dimintai keterangan sebagai pelapor. Dia menyebut pihaknya kini tengah menyiapkan administrasi perihal penyelidikan dan undangan klarifikasi kepada pelapor.

"Laporan sudah diteliti kemarin dan sekarang sudah ditangani Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Sementara penyidik sedang menyiapkan administrasi karena masih tahap penyelidikan," ujar Yusri.

Setelah meminta keterangan kepada Luhut sebagai pelapor, polisi baru akan mengundang para terlapor, yakni Haris Azhar dan Fatia.

"(Undangan klarifikasi) terakhir adalah si terlapor sendiri. Jadi rencana kita masih menyiapkan administrasi karena baru kemarin siang LP (laporan polisi) baru masuk," tutur Yusri.

Untuk diketahui, Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia ke Polda Metro Jaya siang tadi. Dalam pelaporan itu, Luhut Pandjaitan hadir memberikan keterangannya secara langsung kepada polisi.

Luhut menempuh jalur hukum karena Haris Azhar dan Fatia tidak menggubris somasinya. Sebelumnya, Luhut mensomasi keduanya untuk meminta maaf atas dugaan fitnah pada sebuah konten video.

Luhut menilai laporan polisinya pun untuk membuktikan apa yang disampaikan terlapor tidak benar sekaligus menjaga nama baik keluarganya.

"Saya kan harus mempertahankan nama baik saya, anak-cucu saya. Jadi saya kira sudah keterlaluan karena dua kali saya sudah (minta) maaf nggak mau minta maaf. Sekarang kita ambil jalur hukum jadi saya pidanakan dan perdatakan," terang Luhut di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/9).

Laporan Luhut teregister dengan nomor: STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021. Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Simak di halaman selanjutnya, Haris Azhar-Fatia enggan meminta maaf