Round-Up

Demi Batasi Mobilitas Warga, Ganjil Genap di Depok Diuji Coba

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 08:19 WIB
Wacana Pelarangan Motor Melintasi Jalan Margonda

Kendaraan bermotor melintasi jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (17/08/2017). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ  mengeluarkan rekomendasi perluasan pelarangan motor di sejumlah jalan di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya, salah satunya di Jalan Margonda, Depok. Grandyos Zafna/detikcom
Jalan Margonda, Depok, akan diuji coba ganjil-genap. (Grandyos Zafna/detikcom)
Depok -

Kota Depok akan menerapkan ganjil-genap di sepanjang Jalan Margonda Raya. Ganjil-genap akan diuji coba mulai Oktober 2021.

Wacana penerapan ganjil-genap di Kota Depok ini sebetulnya digaungkan sejak 2019. Hanya, uji coba ganjil-genap khusus weekend saat itu ditunda.

Wali Kota Depok M Idris kala itu mengungkapkan alasan ditundanya uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya. Dari hasil pengkajian, kemacetan akan bertambah parah jika diterapkan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya.

Diuji Coba Oktober

Tapi kini Pemkot Depok mendukung terobosan ganjil-genap yang digagas oleh Satlantas Wilayah Depok tersebut. Ganjil-genap akan diuji coba mulai Oktober 2021.

"Bulan Oktober (uji coba ganjil-genap). Kami mendukung atas inisiatif dari Polres melaksanakan itu, juga mendukung dalam hal mobilitas warga terkait dengan PPKM," ujar Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat ditemui di kantor DPRD Depok, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021).

Tekan Mobilitas Warga

Imam Budi Hartono berharap kebijakan ganjil-genap ini dapat menekan mobilitas warga di masa PPKM level 3 Depok.

"Bahwa dalam rangka mobilitas, mengurangi mobilitas warga, maka pihak kepolisian melakukan kebijakan ganjil-genap. Kami sebagai pemerintah turut mendukung kebijakan tersebut," imbuhnya.

Simak di halaman selanjutnya, jalur penerapan ganjil genap

Saksikan juga 'Ingat! Ganjil Genap di Malioboro Berlaku Tiap Akhir Pekan':

[Gambas:Video 20detik]