Bobby Sebut Isoter Terapung sudah Kosong, Kapal Akan Dikembalikan ke Pelni

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:26 WIB
Kapal isolasi apung dari PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni hadir di Kota Medan. Walikota Medan Bobby Nasution meninjau kapal ini.
KM Bukit Raya jadi tempat isolasi terapung di Medan (Foto: dok. BUMN)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan tempat isolasi terpusat (isoter) terapung di Belawan, Medan telah kosong. Bobby pun menyebut tengah mengembalikan kapal itu ke pihak PT Pelni.

"Sudah. Ini lagi proses pengembalian, karena sudah kosong. Sudah seminggu lebih. Hampir dua minggu kosong, ini akan kita kembalikan. Ini lagi proses pengembalian," kata Bobby Nasution kepada wartawan, Rabu (22/9/2021).

Bobby mengatakan sebelumnya kapal untuk isoter ini diperuntukkan oleh Pemko Medan kepada 5 kecamatan di Medan bagian utara. Bobby menyebut ada sekitaran 80-an orang yang telah diisolasi di tempat itu.

"(Ada) 80-an (warga). Saya bilang kemarin itu isoter kita buat per wilayah, sekarang ini kita bilang diperluas juga ya, untuk penanganan COVID-19. Kalau kita buat hanya terpusat ada itu di P4TK, Helvetia, di Hotel Soechi. Sekarang saya tanya, lima kecamatan di Medan bagian utara jauh nggak ke situ? Kan jauh," ucap Bobby.

Karena jauh, maka isoter dibuat di Medan bagian utara. Namun, selama ini kasus COVID di lima kecamatan itu rendah sehingga isoter yang dibuat bukan tak efektif penggunaannya.

"Jadi kita buat di Belawan untuk lima kecamatan Medan bagian utara. Namun kita lihat sama-sama datanya selalu diposting, lima kecamatan ini kan rendah untuk kasus COVID-nya. Jadi bukan ini karena tidak efektif penggunaan isoternya," ucap Bobby.

Penyekatan ke Tempat Wisata Masih Berlaku

Selain itu, Bobby juga menjelaskan soal penyekatan jalan saat PPKM level 3 di Medan. Bobby bakal mengurangi penyekatan, tetapi menuju ke tempat wisata sebisa mungkin masih diberlakukan.

"Penyekatan akan kita kurangi, namun penyekatan menuju tempat keramaian ini sebisa mungkin tetap bisa lakukan. Karena wisata alam di Medan tidak terlalu banyak, namun kita tahu di akhir pekan atau libur, destinasi yang favorit warga Medan itu salah satunya Deli Serdang, Berastagi kemungkinan arah ke sana dilakukan penyekatan, namun yang lain tetap dikurangi," ucap Bobby.

(jbr/jbr)