10 'Dosa' Ali Kalora, Pimpinan MIT yang Kerap Nyamar Jadi Petani

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:47 WIB
Sosok Ali Kalora yang diburu polisi
Ali Kalora (tengah) (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Satgas Madago Raya menembak mati pimpinan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora. Polisi mengungkap sejumlah 'dosa' yang pernah Ali Kalora lakukan dalam rentang waktu 2017-2021.

Kasatgas Humas Operasi Madago Raya Kombes Didik Supranoto mengungkapkan Ali Kalora merupakan sosok yang ahli dalam merakit bom lontong. Selain itu, Ali Kalora kerap menyamar menjadi petani untuk menghindari kejaran aparat.

"Ali Kalora disebut-sebut sebagai teroris yang ahli merakit bom lontong dan memiliki kemampuan bertahan hidup dalam pelarian. Ali Kalora kerap menyamar sebagai warga biasa dan menjadi petani untuk menghindar dari kejaran pasukan pemburu teroris," ujar Kombes Didik kepada wartawan, Rabu (22/9/2021).

Didik memaparkan Ali Kalora setidaknya terlibat dalam 10 kasus pembunuhan dan pembakaran yang merupakan bukti kekejaman Ali Kalora. Pertama, Ali Kalora dan kawan-kawan melakukan pembunuhan terhadap korban bernama Simon Suju di Desa Parigimpuu, Kabupaten Parigi Moutong, pada 3 Agustus 2017.

Kedua, Didik mengatakan Ali Kalora terlibat dalam pembunuhan di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, pada 30 Desember 2018. Kala itu, korban yang terbunuh bernama Ronal Batau alias Anang.

"Ketiga, pembunuhan di Pegunungan Penghulu Kanan Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, tanggal 23 Mei 2019, korban Njue. Keempat, pembunuhan di Pegunungan Batu Tiga, Desa Tindaki, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, tanggal 25 Juli 2019, korban Tamar dan Patte," papar Didik.

Barang bukti penembakan teroris MIT Ali KaloraBarang bukti penembakan teroris MIT Ali Kalora. (Mohammad Qadri/detikcom)

Berikut daftar 10 kasus pembunuhan dan pembakaran yang dilakukan oleh Ali Kalora dkk:

1. Kasus pembunuhan di Desa Parigimpuu, Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 3 Agustus 2017 dengan korban Simon Suju

2. Kasus pembunuhan di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong tanggal 30 Desember 2018. Korban Ronal Batau alias Anang

3. Pembunuhan di Pegunungan Penghulu Kanan, Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi tanggal 23 Mei 2019, korban Njue

4. Pembunuhan di Pegunungan Batu Tiga, Desa Tindaki, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong tanggal 25 Juli 2019, korban Tamar dan Patte

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.