Pemkot Mojokerto Gelar Pelatihan Wirausaha Kuliner, Diikuti 120 UKM

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 09:34 WIB
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari
Foto: Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pemerintah Kota Mojokerto terus mendorong potensi Usaha Kecil Mikro (UKM), terutama di bidang kuliner. Salah satunya dengan menggelar pelatihan inkubasi wirausaha minuman kopi dan coklat kekinian.

Acara yang berlangsung di Rest Area Gunung Gedangan Kota Mojokerto pada Selasa (21/9) itu dihadiri oleh 120 peserta dengan Independence Chef Indonesia (ICI) Daniel Djoko Winanto sebagai narasumber.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan potensi usaha kuliner di Kota Mojokerto masih menjanjikan. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya usaha minuman kekinian di sepanjang jalan.

"Artinya berbagai jenis atau varian minuman kekinian ini tetap menjadi sesuatu yang menarik bagi pangsa pasar, khususnya anak muda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Ika pun mendorong masyarakat untuk lebih jeli dalam melihat peluang di masa pandemi. Dengan begitu mereka bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

"Saya berharap kesempatan pelatihan seperti ini jangan disia -siakan, harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan ilmu yang dibutuhkan, dan saya minta agar ilmu itu wajib dipraktikkan," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya menambahkan peserta pelatihan akan diberikan bahan baku, peralatan dan perlengkapan yang bisa dicoba secara berkelompok. Sehingga mereka tidak hanya mendapatkan ilmu tapi bisa dipraktikkan secara langsung.

"Jadi setelah menerima materi dengan baik dan sudah pandai membuat macam-macam minuman, setelah itu bisa membuka usaha. Dan jika masih konsisten hingga tahun depan, maka akan diberikan bantuan untuk mengembangkan usahanya," tandasnya.

Simak juga 'Rencana Sandiaga Uno Kembangkan Desa Wisata Kampung Majapahit':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)