PBNU Minta Polisi Usut Tuntas Motif Penyerangan Ustaz di Batam

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 08:28 WIB
Marsudi Syuhud
Marsudi Syuhud (Foto: dikhy sasra)
Jakarta -

Ustaz Abu Syahid Chaniago diserang orang tak dikenal di Masjid Baitusyakur, Batam, Kepulauan Riau saat melakukan ceramah. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta pihak kepolisian mengusut tuntas motif pelaku.

"Prinsipnya begini adanya korban kekerasan semacam ini, baik itu dialami ustaz atau siapapun, negara kita adalah negara hukum, maka prinsip negara hukum ini yang kita ikuti, lembaga hukum seperti polisi harus bisa mengusut tuntas jangan sampai bisa menjadi berita-berita yang bisa membingungkan kepada masyarakat," kata Ketua PBNU Marsudi Syuhud kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Marsudi meminta polisi untuk tidak hanya mengusut penyerangan yang terjadi di Batam, namun diberbagai daerah. Polisi juga diminta untuk menghukum pelaku.

"Namanya kejadian pelaku kekerasan baik kriminalitas atau pelaku lainnya itu belum tentu masalahnya apa belum jelas, maka yang terpenting polisi bisa mengungkapkan semua yang terjadi. Semuanya, tidak hanya di Batam, harus diungkapkan dengan jelas motifnya agar tidak ada berita yang tidak jelas," kata Marsudi.

"Siapa pelakunya harus diproses hukum," sambungnya.

Diketahui, dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9), aksi penyerangan terjadi saat ustaz yang dikenal bernama Chaniago itu mengisi ceramah di Masjid Baitusyayakur, Batu Ampar, Batam.

Pria yang terakhir diketahui adalah H tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah.

Namun pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Goldenhardt mengatakan Ustaz Chaniago dipukul dengan tangan kosong. Saat itu Ustaz Chaniago sedang berceramah di acara pengajian.

"Diserang dengan tangan kosong. Aksi itu tiba-tiba. Terjadi saat Ustaz Abu Chaniago memberikan ceramah sekitar pukul 11.15 WIB," jelasnya, Selasa (21/9/2021).

Simak video 'Detik-detik Ustaz di Batam Diserang Orang Tak Dikenal saat Ceramah':

[Gambas:Video 20detik]