Analisis BMKG soal Puting Beliung-Hujan Es di Depok

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 07:34 WIB
Pohon tumbang timpa kabel listrik di Kavling UI Timur, Beji, Depok
Foto: Pohon tumbang timpa kabel listrik di Kavling UI Timur, Beji, Depok (dok.istimewa)
Jakarta -

Depok dilanda hujan angin hingga hujan es di daerah Beji kemarin. Badan Meteorologi Klimatologgi dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan angin dan hujan es merupakan fenomena menjelang musim hujan.

"Hujan es dan puting beliung lebih sering terjadi menjelang dan awal musim hujan. Saat radiasi matahari kuat sampai permukaan bumi dan uap air di atmosfer juga sudah mulai tinggi," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor, Indra Gustari, saat dihubungi, Rabu (22/9/2021).

Menurut Indra, fenomena itu terjadi pada waktu-waktu tertentu. Khususnya pada siang atau sore.

Penampakan butiran es saat hjan guyur DepokPenampakan butiran es saat hjan guyur Depok Foto: Penampakan butiran es saat hjan guyur Depok (dok.istimewa)

"Kedua fenomena tersebut umumnya terjadi pada siang atau sore hari yang diawali dengan berkembangnya awan konvektif yang kuat," katanya.

Diketahui, pada Selasa (21/9) sore terjadi hujan angin di Depok terjadi sore tadi dan mengakibatkan pohon tumbang di Depok hingga perjalanan KRL terganggu. Depok hujan es juga sempat terjadi di kawasan Beji.

Akibat hujan angin di Depok, pohon tumbang pun tak bisa dielakkan. Berdasarkan data Pemadam Kebakaran (Damkar), setidaknya ada enam lokasi pohon tumbang di Depok.

Simak video 'Sebagian Besar Daerah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/gbr)