Heboh Fenomena Warna Air Laut di Sultra Terbelah 2, Ini Kata BMKG

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 21:49 WIB
Warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) dihebohkan dengan fenomena terbelahnya air laut menjadi dua warna. Peristiwa itu terjadi di Pantai Mandra. (Screenshot video viral)
Warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), dihebohkan dengan fenomena terbelahnya air laut menjadi dua warna. Peristiwa itu terjadi di Pantai Mandra. (Screenshot video viral)
Kolaka -

Warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), dihebohkan fenomena terbelahnya air laut menjadi dua warna. Peristiwa itu terjadi di Pantai Mandra.

Fenomena ini ramai dibahas dan videonya dibagikan di media sosial (medsos).

Dari video yang beredar, tampak air laut tersebut berwarna cokelat dan biru. Kondisi tersebut terlihat di sepanjang pantai.

PMG Pelaksana Lanjutan BMKG Kolaka, Fajar Sidiq A, menjelaskan bahwa fenomena terbelahnya air laut menjadi dua warna tersebut merupakan hal yang lazim terjadi.

"Itu fenomena yang lazim terjadi di wilayah muara sungai yang bertemu perairan pantai," kata Fajar kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Ia menjelaskan fenomena tersebut itu terjadi karena ada pertemuan dua massa air yang memiliki perbedaan densitas (massa jenis). Kondisi ini menyebabkan seolah air laut terbelah menjadi dua warna.

"Pertemuan dua massa air yang memiliki perbedaan densitas (massa jenis), suhu air dan kadar garam sehingga terlihat batas yang jelas," terangnya.

Fajar menambahkan bahwa fenomena tersebut dapat terjadi kapan saja dan tidak ada waktu tertentu.

"Tergantung dari debit arus sungai yang masuk ke dalam laut dan arus di sekitar muara laut itu sendiri," tambahnya.

(jbr/jbr)