Update Corona Jakarta Hari Ini: Syarat WFO hingga ke Mal Terbaru

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 18:32 WIB
Update Corona Jakarta Hari Ini: Syarat WFO hingga ke Mal Terbaru
Update Corona Jakarta Hari Ini: Syarat WFO hingga ke Mal Terbaru (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Update Corona Jakarta hari ini adalah mengenai beberapa kebijakan PPKM baru yang diumumkan pemerintah pusat. Seperti diketahui, pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM.

PPKM Jawa-Bali, termasuk PPKM Jakarta, diperpanjang pada 21 September-4 Oktober 2021. Pemerintah mengungkapkan bahwa DKI Jakarta saat ini berstatus PPKM level 3.

Sebelumnya, Pemprov DKI sempat mengumumkan kabar baik soal penurunan angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RS COVID di Jakarta. BOR isolasi RS Corona di Jakarta kini tersisa 9 persen dan ICU 20 persen.

Ada beberapa informasi terbaru mengenai perpanjangan PPKM Jakarta. Berikut update Corona Jakarta hari ini:

Update Corona Jakarta Hari Ini: Syarat WFO

Pemerintah melakukan beberapa penyesuaian untuk daerah dengan PPKM level 3. Salah satunya adalah penyesuaian mengenai aturan dalam sektor perkantoran.

Berdasarkan Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, sebelumnya hanya perkantoran dalam sektor esensial yang diperbolehkan work from office (WFO). Kini perkantoran dalam sektor non-esensial diperbolehkan untuk work from office (WFO).

Dilansir dari Inmendagri 43/2021, pelaksanaan kegiatan dalam sektor non-esensial diperbolehkan work from office (WFO) maksimal 25 persen. Tentunya work from office (WFO) diperbolehkan bagi pegawai yang sudah mendapat dosis vaksin. Pegawai juga harus scan QR melalui aplikasi Peduli Lindungi yang terletak di pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

Update Corona Jakarta Hari Ini: Syarat Masuk Mal

Selain mengenai aturan untuk work from office (WFO) di sektor non-esensial, pemerintah menyesuaikan aturan masuk pusat perbelanjaan. Aturan ini terkait anak-anak masuk mal.

Sementara sebelumnya anak dengan usia di bawah usia 12 tahun dilarang masuk mal, kini mereka sudah diizinkan ke mal. Tentunya tetap dengan pendampingan orang tua yang mengikuti protokol kesehatan.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua," ucap Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Senin (20/9/2021) lalu.

Namun aturan ini hanya berlaku di 5 kota besar di Indonesia. Saat ini 5 kota yang dilakukan uji coba untuk pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak dengan usia di bawah 12 tahun adalah Kota Jakarta, Bandung, DIY, Surabaya, dan Semarang.

Update Corona Jakarta hari ini berikutnya dapat disimak di halaman selanjutnya.

Simak Video: Kabar Baik, Kasus Covid-19 di RI Turun Drastis!

[Gambas:Video 20detik]