Banjir di Mitra, Bupati Minta Jokowi Perhatikan Pembangunan Daerahnya

Trisno Mais - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 18:26 WIB
Banjir bandang di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut)
Banjir bandang di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut). (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap kecewa karena merasa daerahnya tak tersentuh pembangunan oleh pemerintah pusat. James menyebut, akibatnya, beberapa desa dan fasilitas publik, seperti bangunan sekolah, tempat ibadah, dan rumah warga, terdampak banjir bandang.

"Sementara jalan ini sudah hampir 7 tahun, status jalan nasional, nggak pernah dibikin balai jalan. Tolong, Pak Presiden, ada orang yang hanyut akibat jembatan yang nggak benar," kata James saat dihubungi detikcom Selasa, (21/9/2021).

"Tidak pernah diperhatikan Minahasa Tenggara ini. Itu yang penyebabnya. Harusnya nggak ada orang yang korban. Balai tidak pernah hadir di Minahasa Tenggara. Pelebaran jalan kami yang buat. Bukan Balai," sambung James.

James mengatakan penyebab banjir bandang adalah volume air di Jembatan Abuang di Kelurahan Nataan, Minahasa Tenggara, tak mampu menampung volume air. James menyebut pemerintah daerah telah mengusulkan perbaikan, namun tidak diperhatikan. Padahal jembatan tersebut sudah berumur 60 tahun.

"Penyebabnya juga jembatan ini sudah tidak layak. Saya sudah berapa kali usulkan ke Balai, ke Pak Menteri (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono), tidak ada jalan nasional, jembatan nasional hanya 3 meter. Itu bagaimana kerjaan-kerjaan Balai," ungkap James.

"Pak Menteri, bikin dong jalannya, biar nggak ada orang yang hanyut. Penyebab banjir bandang ini kan ketidakmampuan volume air di jembatan kecil ini. Ini jembatan tahun 60 puluhan," lanjut James.

James menyampaikan 100 rumah rusak terendam akibat banjir. Banjir pun menewaskan seorang warga.

"Ada sekitar 100 rumah terendam akibat banjir bandang yang menyebabkan korban jiwa. Satu jiwa sedang dicari karena hanyut," tutur James.

"Penyebabnya apa, jembatan ini tertutup dan menghantam rumah penduduk," sambung dia.

Banjir bandang terjang permukiman warga di Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara (Sulut).Banjir bandang menerjang permukiman warga di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. (Trisno Mais/detikcom)

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.