detikcom Do Your Magic

Sampah Kali Dekat Kelurahan Rawa Bunga Perlu Diangkut untuk #CegahBanjir

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 17:47 WIB
Sampah di kolong jembatan kali dekat Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jaktim, 21 September, sore. (Rafiq Rizqullah via Pasangmata)
Sampah di kolong jembatan kali dekat Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jaktim, 21 September, sore. (Rafiq Rizqullah via Pasangmata)
Jakarta -

Sampah menumpuk di aliran kali dekat Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta Timur. Sampah itu perlu segera diangkut demi #CegahBanjir.

Masalah sampah ini dilaporkan warga bernama Rafif Rizqullah via Pasangmata detikcom, Selasa (21/9/2021) sore.

"Itu sebelum hujan," kata Rafif.

Dia melaporkan sampah menumpuk di aliran kali pada kolong jembatan seberang Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jl Jatinegara Timur IV, dan persimpangan Gang Kober. Dia menilai sampah ini bisa mengakibatkan banjir.

"Saya melihat pelampung itu menghambat sampah. Harapan saya, sampah segera diangkat, apalagi ini dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, ada petugas PPSU juga di Kelurahan. Sampah perlu diangkut supaya tidak banjir, apalagi ini sudah sering hujan," kata Rafif.

Sampah yang mengapung di lokasi didominasi sampah yang terbungkus kantong plastik. Sampah-sampah itu menumpuk di bawah jembatan.

"Ini tipe-tipe sampah rumah tangga. Cuma tidak ada yang kelihatan orang membuang sampah di lokasi, mungkin warga di lokasi lain," kata dia.

Pembaca detikcom bisa mengirimkan informasi mengenai hal-hal yang membutuhkan tindakan supaya banjir bisa dihindari. Misalnya, hal-hal terkait penumpukan sampah di sungai, penyumbatan saluran air, atau masalah lain yang terkait #CegahBanjir.

Bagi Anda yang mengetahui adanya masalah-masalah tersebut, silakan kirim informasi ke Pasangmata detikcom. Cantumkan pula nomor kontak yang bisa kami hubungi.

(dnu/dnu)