Banjir Bandang di Minahasa Tenggara: 4 Rumah Hanyut-1 Warga Hilang

Trisno Mais - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 08:07 WIB
Manado -

Banjir bandang melanda Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Seorang warga dilaporkan hilang.

"Jalan penghubung Ratahan-Pangu putus tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir dan bahan material kayu, yang berasal dari wilayah Gunung Manimporok dan wilayah Kalatin, dalam insiden tersebut dikabarkan satu orang hilang atas nama Welly Ngange," kata Bupati James Sumendap saat dimintai konfirmasi, Selasa (21/9/2021).

James mengatakan insiden banjir bandang di wilayahnya telah dilaporkan ke Pemerintah Provinsi. Menurut dia, hingga kini, akibat peristiwa itu, ada puluhan rumah warga yang terendam dan 4 rumah lainnya hanyut.

"Rumah yang terendam sekitar 50 rumah dan yang rusak tanpa jejak (hanyut) 4 rumah dan sedang melakukan pencarian terhadap 1 orang korban masyarakat desa Pangu," jelas James.

James mengatakan pemerintah terus berupaya mencari korban yang hilang. Dia juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov.

"Prioritas membuka akses dan mencari korban. Kita akan kerahkan seluruh kekuatan di Mitra untuk mencari korban. Koordinasi dengan Pemprov sudah kita akan laporkan," ujar James.

Dia pun mengimbau masyarakat di wilayah rawan banjir untuk tetap berhati-hati.

"Imbauan, rawan bencana ,di pinggir dan gunung-gunung karena hujan tentu tanah jadi labil dan berisiko, antisipasi menghindar dulu," kata James.

(knv/knv)