Dapat Tugas Baru dari Jokowi, Luhut Diminta Konsisten Majukan Produk Lokal

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 05:50 WIB
Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay
Saleh Daulay (Dok. pribadi)
Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapat tugas tambahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. PAN berharap Luhut konsisten dalam menjalankan tugas barunya itu untuk memajukan produk dalam negeri.

Ketua DPP PAN, Saleh Pertaonan Daulay mengatakan Jokowi kembali mempercayai Luhut untuk tugas baru karena hasil kerja Luhut selama ini. Salah satunya sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali.

"Tentu kita melihat ada gebrakan baru dari Pak Jokowi, kalau kemarin Pak Luhut diminta menangani persoalan penanganan COVID dari sisi kesehatan di dalam bentuk sebagai koordinator PPKM Jawa-Bali dan Pak Luhut mengklaim bahwa dia sudah berhasil sebetulnya setidaknya sekarang gini, ada penurunan yang cukup signifikan baik orang yang terpapar COVID maupun orang yang dirawat di rumah sakit, bahwa yang paling penting orang yang meninggal dunia ini turun drastis," kata Saleh kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Saleh menilai atas dasar pertimbangan itu, Jokowi kembali memberikan tambahan tugas kepada Luhut. Dia berharap tugas baru Luhut itu bisa membangkitkan produk dalam negeri.

"Mungkin atas dasar itu Presiden Jokowi mengevaluasi kerja Pak Luhut lalu ditambah lagi tugas yang baru ini yaitu bangga dengan buatan dalam negeri, artinya Pak Luhut sebagai Menko Maritim dan Investasi ada kaitannya, karena bagaimana mengundang orang sebanyak-banyaknya dan bagaimana menggerakkan roda perekonomian di Indonesia, sehingga diharapkan investasi di Indonesia ini menumbuhkan produk-produk lokal," jelas Saleh.

"Jadi dengan adanya produk lokal ini dapat bersinergi positif dalam menaikkan pendapatan perkapita masyarakat kita," tambahnya.

Lebih lanjut, Saleh berharap Luhut konsisten dalam memajukan produk dalam negeri. Salah satunya yaitu mendukung pengembangan vaksin buatan Indonesia.

"Namun demikian, kita berharap dengan jabatan baru Pak Luhut itu Pak Luhutnya didorong untuk konsisten. Kalau tadi dibuat sebagai koordinator bangga buatan Indonesia maka kita berharap Pak Luhut konsisten untuk menggerakkan produk-produk buatan Indonesia, misalnya obat-obatan, itu harus didorong buatan Indonesia. Alat-alat kesehatan harus didorong buatan Indonesia, yang sekarang sangat krusial itu vaksin, bagaimana didorong agar vaksin itu betul-betul adalah vaksin buatan Indonesia," kata dia.

Simak video 'Kala Dunia Apresiasi Kinerja RI dalam Mengendalikan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]