Sidang Eks Penyidik KPK

Hakim Cecar Hubungan Saksi dengan AKP Robin: Jangan Ditutup-tutupi!

Zunita Putri - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 22:07 WIB
AKP Robin
Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta -

Majelis hakim yang mengadili perkara suap mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju alias AKP Robin, menyoroti hubungan Robin dengan salah satu saksi perempuan bernama Rizki Cinde Awaliyah. Hakim meminta Rizki tidak menutup-nutupi hubungannya dengan Robin.

Awalnya, jaksa mengonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) Rizki yang mengaku pernah diberi uang AKP Robib senilai SGD 10 ribu. Rizki pun mengakui itu, menurutnya pemberian itu terjadi ketika Robin datang ke apartemennya dan mengambil paper bag yang berisi uang dolar.

Rizki Cinde Awaliyah berprofesi sebagai konsultan di salah satu perusahaan. Rizki juga merupakan kakak dari Riefka Amalia, orang yang rekeningnya dipinjam AKP Robin untuk menerima uang suap dari sejumlah pihak sebagaimana dakwaan jaksa KPK.

"BAP saksi mengatakan 'Robin ambil paper bag di kamar saya, setelah itu Robin beritahu isi paper bag ke saya, yang isinya lembar uang dolar Singapura, lalu Robin memberikan saya SGD 1.000, setelah itu Robin bawa uang tersebut, sempat terucap Robin bahwa uang dolar mau ditukar, namun saya nggak tahu benar ditukar apa nggak," ucap jaksa membaca BAP dan diamini Rizki di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (20/9/2021).

Rizki mengaku menukarkan uang SGD 1.000 itu ke rupiah senilai Rp 10,680 juta. Selain itu, Rizki mengaku kerap mendapat uang transferan dari Robin Rp 126,5 juta untuk membayar sewa apartemen.

"Selain Rp 126,5 juta dan SGD 1.000 apa Saudara pernah terima Rp 25 juta, Rp 10 juta, dan Rp 15 juta?" tanya jaksa.

"Iya benar. Dari transferan (Rp 126,5 juta), ini dibayarkan uang sewa (apartemen)," sebut perempuan berusia 28 tahun itu.

Mendengar hal itu, hakim anggota Rianto Adam Pontoh bertanya tentang hubungan Rizki Cinde dengan AKP Robin. Rizki pun mengaku hubungan keduanya hanya teman biasa.

"Maaf ya, apakah terdakwa Robin pernah menginap di apartemen Saudara?" tanya hakim Adam dan dijawab 'tidak' oleh Rizki.

"Saudara dapat uang ratusan juta itu dari terdakwa saudara lakukan pekerjaan apa?" tanya hakim lagi.

"Tidak ada," jawab Rizki singkat.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: