Sidang Eks Penyidik KPK

Saksi Akui Buka Rekening Bank atas Perintah Eks Penyidik KPK AKP Robin

Zunita Putri - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 18:35 WIB
AKP Stepanus Robin (Azhar Bagas/detikcom)
AKP Stepanus Robin (Azhar Bagas/detikcom)
Jakarta -

Saksi bernama Riefka Amalia mengaku diperintah mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias AKP Robin membuka rekening bank. Riefka menyebut rekening itu dipegang kemudian dipegang oleh AKP Robin.

Awalnya, Riefka mengaku kenal Robin ketika Robin datang ke rumahnya bersama kakaknya, Rizki Cinde Awaliyah. Selanjutnya Riefka bertemu Robin beberapa kali hingga akhirnya muncul permintaan pembukaan rekening itu.

"Apakah terdakwa pernah minta saksi membuka rekening di suatu bank yang akan digunakan terdakwa Robin?" tanya jaksa KPK di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (20/9/2021).

"Iya benar," jawab Riefka.

Riefka mengatakan permintaan Robin itu disampaikan oleh Ibu Riefka, yang mana Ibu Riefka juga diperintah oleh Rizki Cinde yang merupakan kakak dari Riefka. Perintah itu kemudian ditindaklanjuti Riefka.

"Ibu saya bilang 'Kak Robin minta tolong buka rekening atas nama saya'," ucap Riefka menirukan perkataan ibunya saat itu.

Riefka pun langsung menindaklanjuti arahan itu, untuk saldo awal rekening dia menggunakan uang kakaknya, Rizki Cinde. Setelah rekening jadi, kartu ATM diserahkan ke Robin dan Riefka hanya memegang buku tabungan serta akun m-banking.

Riefka juga mengaku sempat ketakutan karena rekeningnya dipakai Robin. Namun, Robin berhasil meyakinkan Riefka kalau identitasnya aman.

Menurut Riefka, selama dipegang Robin banyak transaksi uang masuk dan keluar selama periode Juli 2020 hingga April 2021. Dalam berita acara pemeriksaan Riefka, juga disebut ada penerimaan dari Usman Effendi sebanyak tiga kali.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: