Usai 5 Kali Operasi, 1 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Terus Membaik

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 18:10 WIB
Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani.
Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani (Antara News)
Jakarta -

Pasien korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang dirawat RSUD Kabupaten Tangerang kini tinggal 1 orang dengan inisial Y. Diketahui, Y sendiri sudah menjalani operasi pembersihan kulit terbakar sebanyak 5 kali.

Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani mengatakan hari ini Y baru saja menjalani operasi kelima pembersihan kulit yang terbakar. Dia menyebut kondisi Y terus membaik.

"Tinggal satu pasien kondisinya bagus. Operasi debridement ini kan berulang-ulang dia (Y) sudah operasi lebih dari 4 kali. (Operasi hari ini) Tuan Y nggak ada masalah. Kalau pasien ini sudah bagus sih nggak ada kemungkinan berpotensi perburukan lagi," ujar Hilwani kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Namun, Hilwani mengatakan, pihaknya masih akan terus memantau proses penyembuhan Y. Pasalnya, Y mengalami luka bakar di bagian punggung. Kendati begitu, Y tidak mengalami trauma inhalasi pernapasan.

"Tinggal nanti dipantau soalnya di punggung mesti dirawat lukanya secara rutin. Nanti kalau sudah dioperasi debridement selesai lukanya bagus kita kembalikan ke lapas," ucap Hilwani.

Sementara itu, untuk satu korban lainnya yang berinisial JS direncanakan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan pascaoperasi tulang di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Iya nanti kontrol lagi dia (JS), biasanya 3-5 hari pascaoperasi. Dalam minggu ini. Dari lapas nganter dia," katanya.

Sebelumnya, satu pasien korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang kini sudah dikembalikan ke dalam lapas. Sementara satu orang lagi masih menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Tangerang.

"Sisa yang kita rawat ada satu sekarang. Jadi satunya itu sudah kita serah-terimakan ke pihak lapas," kata Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani kepada wartawan, Jumat (17/9).

Diketahui, kebakaran Lapas Kelas I Tangerang terjadi pada Rabu (8/9) laku dan menyebabkan 49 narapidana tewas. Sebanyak 41 orang dinyatakan meninggal pada saat kejadian. Sedangkan 8 lainnya meninggal dalam perawatan di RSUD Kabupaten Tangerang.

(jbr/jbr)