Perubahan Level PPKM Jawa Bali Kini Tiap 2 Pekan, Evaluasi Tiap Minggu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 17:37 WIB
Jakarta -

Perubahan terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Bali akan dilakukan selama dua pekan. Namun evaluasi tetap dilakukan setiap pekan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hal itu menjadi salah satu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas.

"Perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi begitu cepat," kata Luhut dalam siaran langsung di Kanal Sekretariat Presiden, Senin (20/9/2021).

Dia mengatakan evaluasi tiap minggu tetap dilakukan dalam menentukan PPKM level yang diterapkan di suatu daerah.

Luhut meminta masyarakat tetap waspada terhadap penularan COVID-19. Dia mengatakan pemerintah juga tak akan melakukan perubahan yang drastis.

"Kami tak akan lakukan perubahan yang drastis. Saya mohon pengertian teman-teman masyarakat Indonesia untuk hal ini," katanya.

"Kenapa tidak? Karena kita tak mau membuat kesalahan dan banyaknya yang tidak kita ketahui juga mengenai Delta varian ini," tambahnya.

Diketahui, pemerintah memperpanjang PPKM di Jawa-Bali. Kini tidak ada daerah yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa-Bali.

"Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2," ujar Luhut.

(jbr/imk)