Luhut: Angka Reproduksi Corona RI di Bawah 1, Pandemi Terkendali

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 17:15 WIB
Poster
Menko Luhut (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyampaikan kabar baik terkait pandemi Corona di Indonesia. Angka reproduksi Corona terus turun dan pandemi Corona dinilai sudah terkendali.

"Situasi pandemi COVID-19 terus menunjukkan perbaikan dengan hasil estimasi dari tim epidemiolog FKM UI menunjukkan angka reproduksi efektif Corona Indonesia untuk pertama kalinya selama pandemi ini sudah berada di bawah 1 yakni sebesar 0,98," kata Luhut Pandjaitan dalam jumpa pers virtual, Senin (20/9/2021).

Itu berarti setiap 1 kasus COVID-19 rata-rata menularkan ke 0,9 orang. Artinya, jumlah kasus akan terus berkurang. Kondisi ini pertama kalinya terjadi di Indonesia.

"Angka ini dapat diartikan bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia telah terkendali. Ini penilaian dari tim penasihat dari kami," ucapnya.

Data Corona lainnya juga menunjukkan penurunan yaitu kasus aktif, kasus harian, hingga angka kematian. Luhut Pandjaitan menyatakan ini adalah hasil kerja keras bersama.

"Angka ini kerja keras semua tim, saya kira membuahkan hasil yang cukup menggembirakan," kata Luhut.

Di sisi lain, pemerintah tetap waspada. Pemerintah tidak menutup kemungkinan ada gelombang ketiga sehingga sederet langkah sudah disiapkan.

Simak juga 'PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 4 Oktober 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)