PPKM Luar Jawa Bali: Kondisi Terbaru Jelang Pengumuman Nanti Malam

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 15:16 WIB
PPKM Luar Jawa Bali: Kondisi Terbaru Jelang Pengumuman Nanti Malam
PPKM Luar Jawa Bali: Kondisi Terbaru Jelang Pengumuman Nanti Malam (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM luar Jawa Bali periode 7-20 September 2021 berakhir hari ini. Pemerintah akan mengumumkan keputusan terbaru PPKM luar Jawa Bali malam ini. Mari menyimak dulu kondisi terbaru soal PPKM luar Jawa Bali.

Berikut rangkuman beberapa informasi PPKM luar Jawa Bali terbaru:

PPKM Luar Jawa Bali: Evaluasi Diumumkan Malam Ini

PPKM luar Jawa Bali periode terbaru sudah diterapkan sejak 7 September 2021 dan akan berakhir hari ini, 20 September 2021. Evaluasi PPKM di luar wilayah Jawa-Bali dilakukan setiap dua pekan sekali.

Ini berbeda dengan PPKM Jawa Bali yang dievaluasi setiap satu pekan sekali. Nanti malam, pemerintah akan mengumumkan nasib PPKM Jawa Bali dan PPKM luar Jawa Bali sekaligus.

Pekan lalu, pemerintah menyampaikan ada 23 daerah di luar Jawa-Bali yang masih menerapkan PPKM level 4. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ada dua provinsi yang masih bertahan di level 4 sejak awal.

"PPKM luar Jawa Bali ditetapkan ada 23 kabupaten/kota, 15 kab/kota dari 34 level 4 masih di level 4, yang sudah turun adalah 19 kab/kota, namun ada tambahan 8 kab/kota yang mengalami peningkatan dari level 3 ke level 4, sehingga total yang diterapkan level 4 adalah 23 kabupaten/kota," ungkapnya.

PPKM Luar Jawa Bali: Arahan Jokowi di Medan dan Aceh

Presiden Joko Widodo sempat melakukan kunjungan kerja ke Medan dan Aceh di pekan ini. Ada sejumlah arahan yang diberikan Jokowi, salah satunya soal vaksinasi.

Jokowi menyampaikan arahan itu kepada Gubernur Sumatera Utara atau Gubsu Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan sejumlah kepala daerah lainnya di Sumut. Jokowi awalnya mengungkapkan keluhan yang sering diterimanya masalah vaksin.

"Setiap saya datang ke provinsi, ke daerah kabupaten/kota, selalu yang dikeluhkan vaksin," kata Jokowi di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (16/9).

Jokowi menginstruksikan vaksin yang ada harus segera dihabiskan. Dia lalu menyebut masih banyak stok vaksin di gudang-gudang penyimpanan di Sumut. Untuk itu, dia meminta agar vaksin segera disuntikkan.

Sementara itu di Aceh, Jokowi meninjau vaksinasi door to door. Dia berharap metode ini bisa memudahkan vaksinasi masyarakat.

"Vaksinasi door to door ini kita lakukan untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung karena dari pintu ke pintu, karena vaksinasi ini merupakan salah satu kunci untuk menghambat penyebaran COVID-19. Dan kita harapkan dengan percepatan vaksinasi penyebaran COVID-19 laju penyebarannya bisa kita kendalikan," ujar Jokowi.

Menjelang pengumuman PPKM luar Jawa-Bali nanti malam, mari menyimak informasi soal penurunan Corona sepekan terakhir. Datanya dapat disimak di halaman berikutnya.