40 Mobil Rental Disita Polisi, Sindikat Curanmor di Depok Dipimpin IRT

Yogi Ernes, Athika Rahma - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 13:47 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyerahkan kembali 31 mobil sitaan dari pelaku kejahatan ke pemilik. (Athika/detikcom)
Depok -

Polisi menangkap 5 pelaku pencurian mobil dengan modus rental di Depok, Jawa Barat. Dari komplotan ini polisi menyita 40 unit kendaraan.

Kelima pelaku itu berinisial AA, BB, N, dan NA. Kelompok itu dikepalai oleh seorang perempuan ibu rumah tangga (IRT) berinisial DD.

"Modus pelaku ini menyewa mobil kepada para korban selama satu bulan. Setelah mobil berada dalam penguasaannya lalu dihadapkan tanpa seizin dari pemilik mobil," kata Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar dalam keterangannya, Senin (20/9/2021).

DD selaku ketua sindikat ini awalnya akan merental mobil kepada korban. Dalam pengungkapan kasus ini, DD diketahui menyewa sebuah mobil Toyota warna hitam selama satu bulan di sebuah rentan mobil di daerah Depok.

Mobil Dijual-Digadaikan

Setelah mobil tersebut berpindah tangan, pelaku DD lalu menghubungi pelaku lainnya berinisial A untuk menjual mobil pinjaman tersebut.

"Mobil itu akhirnya digadaikan tanpa seizin dari pemilik rentan atau mobil," ujar Imran.

Uang hasil penjualan mobil tersebut dibagi 10 persen kepada empat pelaku lainnya. Sementara pelaku DD selaku ketua sindikat mendapatkan bagian lebih besar.

"DD ini juga pernah menyewa puluhan unit mobil dari korban lainnya yang berada di Bekasi, Depok, Jakarta Timur," ungkap Imran.

Sementara mobil-mobil yang digadaikan secara diam-diam ini kerap dipasarkan di daerah Bogor hingga Karawang.

"Uang hasil dari mobil yang digadaikan ini nantinya dipergunakan untuk menyewa mobil lagi dan untuk kepentingan pribadi," ujar Imran.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pas 378 KUHP dan 372 KUHP soal penipuan. Para pelaku terancam hukuman 4 tahun penjara.

Simak di halaman selanjutnya, polisi serahkan mobil sitaan ke pemilik.