DKI Susun Daftar Warga Penghuni Rusun Pasar Rumput, Relokasi Segera Digelar

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 13:05 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin/detikcom)
Jakarta -

Peresmian Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, telah dilakukan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut bakal sesegera mungkin merelokasi warga ke Rusun Pasar Rumput.

"Sesegera mungkin (direlokasi)," kata Riza kepada wartawan di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/9/2021).

Riza mengaku sudah mengantongi nama-nama warga yang akan direlokasi. Dia menyebut daftar warga yang akan direlokasi ke Rusun Pasar Rumput sedang disusun oleh dinas dan BUMD terkait.

"Sedang disusun (daftarnya) oleh Dinas Perumahan, oleh PD Pasar Rumput Jaya, segera diatur," jelas Riza.

Diketahui Jokowi meresmikan Rusun Pasar Rumput ini didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan. Jokowi bersyukur pembangunan Rusun Pasar Rumput yang menghabiskan biaya sekitar Rp 970 miliar itu telah rampung. Jokowi berharap rusun ini dapat menampung masyarakat yang terdampak program normalisasi sungai.

"Menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed-use development, yaitu tidak hanya rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25, tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai satu dan lantai dua, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap," kata Jokowi, Senin (20/9).

Jokowi berharap keberadaan pasar dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum ini dapat memberikan kemudahan bagi para penghuni. Mereka diharapkan bisa lebih mudah dalam menjalankan aktivitas ekonomi.

"Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena didukung juga oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu warga untuk memiliki hunian yang layak, nyaman, dan strategis. Barulah kemudian Jokowi menyinggung soal rusun dan program normalisasi.

(zak/zak)