Pesan Ganjar ke Atlet Jateng PON XX & Semangat Persaudaraan untuk Papua

Mega Putra Ratya - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 12:21 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jateng mendukung penuh para atlet asal Jateng yang akan berlaga di PON XX Papua. Tak hanya dukungan untuk para atlet, Ganjar juga memberi pesan persaudaran kepada masyarakat Papua.

Hal itu diungkap dalam akun facebook resmi Ganjar Pranowo seperti dikutip Senin (20/9/2021). Ganjar memposting cuplikan video dirinya saat disambut Tari Seka oleh para pelajar asal Papua.

"Papua, kitorang basodara! Aku tresno karo kowe. Bukan hanya berlaga, kita ke Papua atas nama saudara yg akan turut mencatatkan sejarah olahraga nasional di Bumi Cenderawasih. Seluruh atlet Jawa Tengah akan sekuat tenaga berlaga di PON XX. Siapkan kemampuanmu, bulatkan tekadmu. Buktikan, kita layak jadi pemenang!" ungkap Ganjar.

Sekadar informasi, Seka adalah tarian penyambutan khas Papua. Begitu terkesannya Ganjar pada tarian mereka, hingga ia mengajak para pelajar itu naik ke atas panggung.

"Sini kakak, itu ngecatnya kapan? Udah dari tadi? Ngecat sendiri atau temannya? Ini yang di kepala dan yang dipakai itu apa namanya?," tanya Ganjar penasaran.

"Sudah (dicat) dari tadi jam 2. Kami biasanya sebut (ini) 'mahkota' Pak. Kita punya di asrama, asli juga dari Papua," ujar salah satu siswa asal Tembagapura Papua bernama Roni.

Tidak berhenti di situ, Ganjar kembali bertanya sekaligus menantang mereka untuk uji berbahasa Jawa. Kehadiran anak-anak Papua ini juga sangat menyegarkan suasana.

Bukan hanya dengan tariannya tetapi juga dengan keluguan mereka. Terlebih saat mereka diminta Ganjar unjuk kemampuan berbahasa jawa. Salah satu dari mereka, Theresia siswa asal Papua di Saint Louis Semarang lantang menjawab.

"Aku tresno karo koe," tutur Theresia. Jawaban lugu tidak terduga ini spontan membuat hadirin tertawa.

"Terima kasih adik-adik dari Papua sudah menyambut kita juga. Maka saya juga pakai mahkota dari Papua dan kita akan antarkan para atlet kita untuk bisa berlaga," kata Ganjar.

Cuplikan video yang diposting Ganjar 15 September tersebut sudah disukai 64 ribu orang dan dikomentari oleh 1600 pengikutnya.

(mpr/mpr)