Resmikan Rusun Pasar Rumput, Jokowi Singgung Normalisasi Sungai

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 10:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Jokowi berharap rusun ini dapat menampung masyarakat yang terdampak program normalisasi sungai.

Jokowi meresmikan Rusun Pasar Rumput ini didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan. Jokowi bersyukur pembangunan Rusun Pasar Rumput yang menghabiskan biaya sekitar Rp 970 miliar itu telah rampung.

"Menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed-use development yaitu tidak hanya rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25, tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai satu dan lantai dua, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap," kata Jokowi, Senin (20/9/2021).

Jokowi berharap keberadaan pasar dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum ini dapat memberikan kemudahan bagi para penghuni. Mereka diharapkan bisa lebih mudah dalam menjalankan aktivitas ekonomi.

"Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena didukung juga oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu warga untuk memiliki hunian yang layak, nyaman dan strategis. Barulah kemudian Jokowi menyinggung soal rusun dan program normalisasi.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," tutur Jokowi.

"Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan penyediaan hunian nyaman dan terjangkau dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," sambung Jokowi.

Lihat juga video saat 'Jokowi Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk Pasien Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)