Polda Metro Tak Gelar Razia di Tempat Selama Operasi Patuh Jaya

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 10:16 WIB
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bandung menggelar Operasi Patuh Lodaya Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Bandung, Kamis (29/8/2019).
Ilustrasi penindakan pelanggar lalu lintas (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Operasi Patuh Jaya 2021 digelar mulai hari ini hingga 3 Oktober mendatang. Selama 14 hari operasi itu, polisi tidak akan menggelar razia di tempat.

"Selama kegiatan operasi kita tidak akan melakukan razia, tidak ada razia," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Menurut Yusri, meski tidak ada razia pihaknya tetap akan melakukan sanksi tilang bagi pengendara yang kedapatan melanggar lalu lintas.

"Apabila tertangkap tangan ada pelanggaran lalu lintas kita akan lakukan penegakan hukum dalam hal ini penilangan. Tapi khusus operasi razia di jalan ditiadakan," katanya.

Kedepankan Patroli

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, pihaknya akan mengedepankan patroli dalam menjalankan Operasi Patuh Jaya tahun ini. Selain itu, pihaknya pun melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah terkait edukasi tertib berlalu lintas.

"Porsi terbesar Operasi Patuh Jaya 2021 adalah edukasi sosialisasi. Kami akan masuk ke sekolah-sekolah beri pelajaran online kepada anak SMA, SMP, sampai SD untuk disiplin lalu lintas," ujar Sambodo.

Selain itu Sambodo menyebut ada tiga pelanggaran lalu lintas yang menjadi prioritas penindakan pihaknya dalam Operasi Patuh Jaya tahun ini. Tiga pelanggaran lalu lintas itu mulai dari knalpot bising, kendaraan ber-rotator yang tidak sesuai dengan peruntukan, hingga balap liar.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan ada 3.070 personel diturunkan selama pelaksanaan dua pekan Operasi Patuh Jaya 2021. Petugas nantinya akan berpatroli dalam mengawasi kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas hingga menjalankan protokol kesehatan.

"Operasi Patuh Jaya 2021 di samping ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan COVID-19. Sehingga dapat mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta memutus mata rantai COVID-19," ujar Fadil dalam arahannya di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9).

Lihat juga video 'Polisi Tilang Pemotor yang Bandel Langgar Crowd Free Night':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)