5 Rumah Semi Permanen di Makassar Ludes Terbakar

Reinhard Soplantila - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 23:14 WIB
Ilustrasi Pemadam Kebakaran
Foto: Ilustrator Edi Wahyono
Makassar -

Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di jalan Haji Kalla 2, kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibat peristiwa itu, sebanyak lima rumah semi permanen yang ditinggali sebelas orang kepala keluarga ludes terbakar.

"Data sementara dan masih dalam pendataan itu lima atap, ada sebelas KK yang ada di lima atap itu," ujar Plt Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, pada Minggu (19/9/2021).

Kobaran api di lokasi diketahui melalap cepat lima rumah tersebut lantaran terbuat dari bahan semi permanen. Petugas damkar yang mendapatkan informasi, langsung menurunkan 13 unit mobil dan 42 orang personil untuk memadamkan api.

Namun, anggota mendapatkan beberapa kendala saat akan menuju ke titik api. Pasalnya jalanan yang begitu sempit, ditambah dengan banyaknya warga menyebabkan anggota kesulitan menuju ke titik api.

"Kendala akses masuk sini jalur agak kecil, jadi mobil water supply terkendala di akses masuk. Begitu juga banyak yang datang untuk menonton saja, menggunakan kendaraan yang menghalangi kendaraan kami," kata Hasanuddin.

Setelah kurang lebih dua jam, kobaran api di lokasi dapat dikendalikan oleh pihak damkar Makassar. Untuk penyebab kebakaran pun masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian.

"Untuk sementara kita masih dalam tahap mendata (penyebab kebakaran)," sebut Hasanuddin.

(isa/isa)