Dharma Wanita Persatuan Kemenhub Puji Vaksinasi Massal di Yogya-Solo

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 22:13 WIB
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Bhakti Untuk Negeri.
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal 'Bhakti Untuk Negeri'. Kegiatan tersebut berlangsung di 2 kota, yakni Yogyakarta dan Solo pada 18-19 September 2021 dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional.

"Saya menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan vaksinasi dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional," jelas Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan Endang Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/9/2021).

Diketahui vaksinasi di Yogyakarta menyediakan sebanyak 23.825 dosis yang berlangsung di sejumlah titik, yaitu di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada/UGM (2.000 dosis), Kabupaten Sleman (7.300 dosis), Kabupaten Kulon Progo (4.200 dosis), serta Kabupaten Bantul (5.325 dosis). Sementara untuk Solo tersedia sebanyak 25.000 dosis vaksin yang dilakukan di 7 Kabupaten/kota, yaitu Kota Surakarta (2.431 dosis), Kabupaten Sukoharjo (1.716 dosis), Kabupaten Klaten (4.862 dosis), Kabupaten Sragen (3.575 dosis), Kabupaten Wonogiri (4.862 dosis), Kabupaten Karanganyar (3.003 dosis), dan Kabupaten Boyolali (4.475 dosis).

Kegiatan Vaksinasi juga dilakukan di Graha PGRI, Kabupaten Sukoharjo yang menyediakan sebanyak 1.716 dosis bagi lansia, difabel, pelaku transportasi, pedagang kaki lima dan masyarakat. Selain itu, dilakukan pula penyerahan paket sembako sebanyak 300 bingkisan untuk masyarakat yang membutuhkan dan 10 paket buah nusantara untuk para tenaga kesehatan.

Sementara itu, vaksinasi di Kabupaten Bantul total 3.000 dosis yang tersebar di 5 lokasi. Untuk vaksin di Kelurahan Panggungharjo pada hari ini disiapkan 300 dosis vaksin untuk pelajar, pelaku transportasi, pedagang kaki lima dan masyarakat serta penyerahan paket sembako sebanyak 200 bingkisan.

Endang menilai kegiatan vaksinasi merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan vaksin, menurutnya kekebalan komunal atau herd immunity akan segera terbentuk. Dengan begitu diharapkan kegiatan ekonomi dan aktivitas masyarakat bisa cepat pulih.

"Saya Bahagia sekali karena hari ini kolaborasi telah kita lakukan dengan baik. Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat segera memulihkan kembali kegiatan ekonomi dan aktivitas sosial masyarakat. Mari manfaatkan momentum Harhubnas ini menjadi momentum yang berarti bagi diri kita, organisasi, bangsa dan negara, dan masyarakat," tuturnya.

Endang juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, antara lain memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Pada kesempatan tersebut, DWP Kemenhub bersama Jasa Raharja juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para pekerja harian/supir ojek/serta masyarakat yang terdampak pandemi.

(akn/ega)