314 Pelanggar Crowd Free Night Jakarta Ditilang: Knalpot Bising-Balap Liar

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 18:19 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan ada 314 pengendara melanggar crowd free night di Jakarta, Jumat (17/9/2021) malam
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan ada 314 pengendara melanggar crowd free night di Jakarta, Jumat (17/9/2021) malam. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya menilang 314 pengendara di kawasan crowd free night Jakarta semalam. Para pengendara yang ditilang di antaranya pelaku balap liar hingga motor knalpot bising.

"Crowd free night sudah kita laksanakan selama 2 minggu. Minggu kemarin 639 kendaraan yang kita tindak dan tadi malam ada 314 kendaraan. Kita tilang semua," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

Sambodo menjelaskan 314 pengendara yang ditilang itu melakukan sejumlah pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran itu mulai knalpot bising hingga terindikasi mengikuti balap liar.

"Ada yang melawan arus, kemudian juga ada yang konvoi, kemudian ada yang diduga akan melaksanakan balapan liar," jelas Sambodo.

Secara khusus Sambodo mengaku penindakan terhadap knalpot bising akan kembali digalakkan lagi oleh pihaknya. Dia menyebut saat ini masyarakat mulai kembali marak menggunakan knalpot bising di ruas jalan.

"Kenapa pelanggaran knalpot bising menjadi salah satu target utama? Yang pertama karena tentu ini adalah mengganggu indra pendengaran. Kedua mengganggu konsentrasi sehingga membahayakan atau berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas," katanya.

"Ketiga ini juga sangat berisiko tinggi karena rata-rata orang yang menggunakan knalpot bising pasti akan berusaha memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi supaya suaranya itu keluar. Nah, ketika dia memacu dengan kecepatan tinggi inilah kemudian berisiko untuk menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan berbahaya baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain," tambah Sambodo.

Crowd free night digelar di empat kawasan Jakarta. Kawasan itu mulai di Sudirman-Thamrin, SCBD, Jalan Asia-Afrika, hingga Kemang.

Sambodo menilai sejumlah kafe telah mulai mematuhi ketentuan operasional selama masa PPKM level 3 di Jakarta. Namun beberapa kerumunan di pinggir jalan masih ditemukan petugas dari crowd free night semalam.

"Untuk kerumunan di pinggir jalan nongkrong-nongkrong itu masih banyak. Itulah yang kemudian tadi malam kita imbau untuk membubarkan diri selain itu di area crowd free night," pungkas Sambodo.

(ygs/mea)