Dufan Dibuka, Sejumlah Pengunjung Mulai Berdatangan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:08 WIB
Sejumlah pengunjung mulai berdatangan ke Dufan pagi ini
Sejumlah pengunjung mulai berdatangan ke Dufan pagi ini. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membuka tempat wisata dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, salah satunya Dufan, Ancol. Sabtu pagi, sejumlah pengunjung mulai berdatangan ke Dufan.

Pantauan detikcom, pukul 09.20 WIB, Sabtu (18/9/2021) para pengunjung sudah mulai masuk ke area Dufan. Pengunjung yang masuk diarahkan terlebih dahulu chek-in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Untuk masuk ke Dufan, pengunjung juga harus memesan tiket secara online. Setiba di Dufan, para pengunjung tinggal menunjukkan tiket yang dipesan untuk diperiksa petugas.

Hari ini mayoritas pengunjung adalah keluarga dan sekumpulan remaja. Mereka terlihat menerapkan prokes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Rekreasi Dufan mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB. Hingga kini pihak Ancol hanya membuka wahana outdoor, di antaranya Dufan, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan Ocean Dream Samudra.

Sedangkan untuk wahana air, Ancol belum membukanya. Pengunjung juga belum diperbolehkan berenang di kawasan pantai.

Prokes Ketat di Tempat Wisata

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan lokasi wisata dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Penambahan lokasi wisata di level yang dibuka dengan prokes ketat dan implementasi PeduliLindungi pada kota-kota level 3," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9).

Di saat yang sama, ganjil-genap akan diberlakukan di kawasan wisata saat akhir pekan. Tujuannya mengurangi jumlah wisatawan yang datang.

"Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan pada daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00," ucap Luhut.

(eva/eva)