2 Ruang Kelas SD di Bogor Roboh, Bima Arya Janji Segera Perbaiki

Antara - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 22:58 WIB
Dua kelas di SDN Otista, Kota Bogor, tiba-tiba ambruk. Begini potretnya.
SDN Otista Bogor roboh (M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Atap 2 ruang kelas SDN Otista, Bogor, Jawa Barat, ambruk. Pemkot Bogor berjanji segera memperbaiki ruang kelas yang rusak itu.

"Perbaikan ini untuk antisipasi agar pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya dilansir dari Antara, Jumat (17/9/2021).

Bima Arya telah meninjau kondisi SDN Otista siang tadi. Pembangunan ruang kelas jangka pendek menggunakan anggaran dari biaya tidak terduga (BTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara itu, untuk jangka panjang, Pemkot Bogor mengusulkan alokasi perbaikan gedung sekolah melalui rancangan APBD Kota Bogor pada tahun 2022. Bima Arya menduga ruang kelas mengalami kerusakan karena kondisinya tak terpantau selama belajar jarak jauh akibat pandemi.

"Ambruknya ruang kelas di SD Negeri Otista ini memberikan peringatan kepada kita untuk lebih siap. Mungkin selama pembelajaran jarak jauh ada kondisi di sekolah yang tidak termonitor di sekolah," kata Bima.

Kepala SD Negeri Otista, Siti Meisyafah, mengaku sudah dua kali melapor kepada Dinas Pendidikan Kota Bogor terkait ruangan kelas yang memprihatinkan. Sementara Dinas Pendidikan Kota Bogor sudah memasang spanduk terkait ruangan kelas yang tidak bisa digunakan lantaran rawan ambruk.

Sebelumnya, peristiwa robohnya dua ruangan itu terjadi pada Kamis (16/9), pukul 11.48 WIB. Para guru yang saat itu berada di ruangan yang lain, kaget lantaran mendengar suara gemuruh dari arah kelas yang ambruk.

"Tadi kan kami sedang ada di ruangan ya, kemudian terdengar suara gemuruh. Setelah kami lihat, ternyata memang ada ruangan kelas yang roboh," kata Siti Meisyafah ditemui detikcom.

Kondisi kerusakan dari dua kelas ambruk itu berbeda. Salah satu kelas kondisinya rusak parah. Seluruh atap ruangan itu roboh berserakan di lantai kelas. Sementara kelas di sebelahnya ambruk sebagian.

(isa/haf)