Dorong Herd Immunity, 7 Ponpes di 7 Kota Gelar Vaksinasi COVID-19

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 22:17 WIB
Pelaksanakan vaksinasi  COVID-19 tak hanya diberikan kepada masyarakat. Serbuan vaksinasi dari Kodim 0724/Boyolali juga menyasar pondok pesantren.
Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta -

Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Distribusi vaksin pun turut diperluas ke seluruh wilayah Indonesia sehingga menyasara berbagai lapisan masyarakat. Hal ini dilakukan guna melindungi masyarakat sekaligus mendorong herd immunity di Indonesia.

Saat ini, vaksinasi pelajar menjadi salah satu yang digencarkan pemerintah. Pemerintah pun turut menyasar para santri dengan menggelar vaksinasi di 7 pondok pesantren di 7 kota pada Kamis (16/9).

"Ketujuhnya adalah Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul Mu'Arrif, Kabupaten Aceh Besar, DI Aceh; Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, Kota Pekanbaru, Riau; Pondok Pesantren Al-Fathamiyah, Kabupaten Karawang, Jawa Barat; Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah; Pondok Modern Al-Rifa'ie 2, Kabupaten Malang, Jawa Timur; Pondok Pesantren Asy-Syuhada Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan; dan Pondok Pesantren DDI Mattoanging, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan," ungkap Satgas Penanganan COVID-19 dikutip dari website covid.go.id, Jumat (17/9/2021).

Satgas COVID-19 menyampaikan kegiatan ini menjadi bentuk dukungan pondok pesantren terhadap pelaksanaan vaskinasi guna mencapai herd immunity.

"Dukungan pondok pesantren terhadap program vaksinasi COVID-19 membantu percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) dan melindungi semuanya," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pun mengapresiasi para santri yang ikut melakukan vaksinasi. Ia pun berharap vaksinasi dapat melindungi para santri dari virus COVID-19.

"Kita ingin melindungi mereka semuanya, memproteksi mereka semuanya agar tidak terkena COVID-19, yaitu dengan vaksinasi," katanya.

"Para santri kelihat sekali bersemangat dan sangat sehat-sehat semuanya, sehingga kita harapkan dengan proses vaksinasi ini para santri menjadi lebih sehat lagi dan terproteksi dari COVID-19," pungkasnya.

(ega/ega)