Nakes di Papua Jadi Korban Kekejian Teroris KKB, Ini 7 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 18:11 WIB
Nakes di Papua Jadi Korban Kekejian Teroris KKB, Ini 7 Faktanya
Nakes di Papua Jadi Korban Kekejian Teroris KKB, Ini 7 Faktanya -- kondisi fasilitas umum yang dibakar teroris KKB (Dok Polda Papua)
Jakarta -

Nakes di Papua menjadi korban kekejian teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Senin (13/9) pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Hal ini bermula saat diserangnya TNI-Polri hingga membakar sejumlah fasilitas umum, seperti SD dan puskesmas, di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Selain Puskesmas Kiwirok, teroris KKB pimpinan Lambek Takblo juga membakar fasilitas umum lainnya. Antara lain kantor kas Bank Papua Kiwirok, rumah dokter, barak tenaga kesehatan (nakes), SD inpres, rumah guru, dan pasar. detikcom merangkum fakta-fakta soal nakes di Papua berikut ini.

5 Nakes di Papua Terluka-1 Mantri Hilang

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan ada lima nakes di Papua yang dilaporkan terluka. Sementara itu, satu mantri dikabarkan hilang.

"Seorang mantri kesehatan dilaporkan belum ditemukan sampai saat ini," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Diketahui lima nakes tersebut sempat dilaporkan hilang. Namun telah ditemukan dalam kondisi luka-luka. Para korban kini sudah dalam perawatan medis, sementara sang mantri masih dalam pencarian.

"Lima tenaga kesehatan yang sebelumnya dikabarkan hilang saat ini telah ditemukan dalam keadaan mengalami luka-luka di antaranya empat perawat dan satu dokter," tuturnya.

3 Nakes di Papua Lainnya Hilang

Selain nakes yang terluka, tiga nakes lainnya masih dilaporkan hilang. Mereka diduga melarikan diri saat teroris KKB membakar Puskesmas Kiwirok dan fasilitas rumah dinas mereka.

"Memang benar ada laporan dari Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 403/WP yang saat ini bertugas di Kiwirok, tiga (nakes) belum diketahui keberadaannya," kata Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Selasa (14/9/2021).

Dari total 11 nakes yang bertugas, 8 di antaranya berhasil diamankan, di mana 3 nakes mengalami luka di sejumlah bagian tubuh.

"Tiga tenaga medis ini ada yang kena panah di rusuk, kondisi stabil, satu korban perempuan mereka tusuk pahanya pakai sangkur dan satu lagi dipukul hingga babak belur," ungkapnya.

2 dari 3 Nakes di Papua yang Hilang Berhasil Ditemukan

Penemuan 2 dari 3 tenaga medis terjadi pada Rabu (15/9) lalu. Sayangnya, satu nakes bernama Gabriela Mai Lani ditemukan meninggal dunia di sebuah jurang.

"Gabriela Meilan (22) ditemukan dalam kondisi meninggal. Sementara rekannya ditemukan selamat dengan luka tusuk dan memar di sekujur tubuhnya," ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnita kepada wartawan, Kamis (15/9/2021).

"Pukul 19.00, tim berhasil melakukan evakuasi korban dan selanjutnya dibawa ke pos Pamtas 403/WP guna mendapatkan perawatan medis," jelasnya.

Evakuasi jenazah Gabriela direncanakan di hari berikutnya lantaran kondisi cuaca yang buruk dan medan yang terjal.

Fakta-fakta berikutnya soal kekejian teroris KKB terhadap nakes di Papua ada di halaman selanjutnya.