detikcom Do Your Magic

Lahan Sampah di Pondok Betung Bikin Resah, Pemkab Tangsel Cari Solusi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 15:06 WIB
Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)
Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)
Jakarta -

Lahan terbuka di dekat permukiman warga kawasan Pondok Betung menjadi tempat membuang dan membakar sampah. Warga menjadi resah. Pemerintah Kabupaten Tangerang Selatan kini mencari solusi atas permasalahan itu.

"Saya sudah mencari solusi, semoga Sabtu (18/9) bisa urun rembuk dengan warga," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, Tangsel, Rastra Yudhatama (Yudha), kepada detikcom, Jumat (17/9/2021).

Lahan sampah itu ada di sekitar Gang Sawo, RT 07 RW 11, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lokasinya ada di pinggir wilayah Tangsel, berbatasan dengan wilayah Provinsi DKI Jakarta. Yudha mengidentifikasi lahan itu sebagai lahan milik pribadi.

"Lapak punya orang, ada yang mengurus," kata Yudha.

Dia menjelaskan pembakaran sampah tidak diperkenankan untuk dilakukan. Lingkungan sekitar harus terjaga dari pencemaran.

"Nggak boleh sampah dibakar," kata Yudha.

Sebelumnya, warga mengeluhkan keberadaan lahan yang menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah itu. Warga berharap solusi dari pemerintah. Dia ingin lingkungan permukiman warga di lokasi bisa lebih sehat dan tidak dicemari asap sampah serta limbah yang mencemari air tanah.

"Pembuangan sampah ilegal dan pembakaran sampah yang sudah sangat meresahkan warga sekitar. Terjadi pencemaran udara dan air," kata warga setempat yang mengirimkan informasi ini dan dikonfirmasi kembali oleh detikcom.

(dnu/dnu)