Catat! Crowd Free Night di Kota Tua Berlaku Tiap Malam Jam 22.00-04.00

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 10:42 WIB
Suasana area Museum Fatahillah yang sepi di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, Kamis (13/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup kawasan wisata Kota Tua hingga Minggu (16/5) untuk mengurangi kerumunan selama libur Lebaran 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Di Kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, diberlakukan crowd free night. Tidak hanya pada saat akhir pekan, crowd free night di Kota Tua berlaku setiap malam.

"Iya (berlaku) tiap malam," ujar Kanit Lantas Wilayah Jakarta Barat AKP Hartono saat dihubungi wartawan, Jumat (17/9/2021).

Crowd free night diberlakukan pada pukul 22.00-04.00 WIB. Tujuannya untuk menghindari kerumunan di sekitar wisata kuliner dan objek wisata Kota Tua.

Berlaku Juga bagi Pedagang

Kapolsek Metro Tamansari AKBP Iverson Manossoh mengatakan crowd free night tidak hanya berlaku bagi pengendara, tetapi juga untuk pedagang di sentra kuliner maupun kawasan wisata Kota Tua.

"Makanya crowd free night itu kita arahkan sesuai yang dirujuk oleh pemerintah. Cuma mereka (pedagang) sering melanggar dekat-dekat situ, karena basis titik objek wisata kan mereka berdagang itu," ujar Iverson.

Iverson mengatakan pedagang tidak boleh berjualan di atas pukul 22.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

"Karena kita melihat kesadaran mereka bahwa lokasi itu memang sesungguhnya bukan untuk berdagang. Jadi jangan dilanggar. Waktunya sampai pukul 22.00 WIB. Close, mereka sudah selesai," kata Iver.

"(Untuk penindakan) kita tetep imbau secara humanis untuk kembali dan syukurlah mereka masih patuh dengan batas waktu itu, karena kita melihat kesadaran mereka bahwa lokasi itu memang sesungguhnya bukan untuk berdagang," sambungnya.

Dengan adanya crowd free night tersebut, diharapkan mengurangi kerumunan, khususnya di sentra kuliner. Masyarakat diminta kesadarannya mematuhi aturan tersebut.

(mea/mea)